Implementasi Pengabdian Masyarakat: Dosen IPB University Rayakan Hari Ceria Anak bersama Komunitas Ananda

Program Dosen Mengabdi yang digawangi oleh Zessy Ardinal Barlan, MSi, dosen IPB University dari Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM), Fakultas Ekologi Manusia (Fema) berhasil mengikutsertakan 25 peserta dalam kegiatan Seminar Parenting bertajuk “Edukasi Makanan Sehat dan Bergizi untuk Anak dan Balita”.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi orang tua tentang pentingnya memerhatikan asupan dan gizi untuk tumbuh kembang anak. Kegiatan menghadirkan narasumber Harumi Aini, seorang aktivis parenting sekaligus content creator,” ungkap Zessy.

Pada kesempatan yang sama, Intan Jovitri selaku pendiri Komunitas Ananda menyambut baik program Dosen Mengabdi ini. Pihaknya berkomitmen melanjutkan kerjasama sebagai mitra IPB University dalam memberdayakan perempuan di lingkar kampus.

Baca Juga :  Modul Nusantara Pertukaran Mahasiswa Merdeka Belajar 2

“Harapan kami kegiatan pengabdian masyarakat ini memiliki keberlanjutan sebagai wadah pemberdayaan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan produktivitas perempuan, baik di ranah produktif maupun reproduktif,” papar Intan.

“Hal ini sejalan dengan visi komunitas sebagai organisasi non-profit yang memiliki tujuan membantu anggota dan masyarakat sekitarnya untuk menciptakan keluarga yang mandiri,” tambahnya.

Selain seminar dan talkshow yang menghadirkan ahli, kegiatan ini diikuti dengan demo memasak bersama Chef Yadi dari Regal Springs. Pada kegiatan tersebut, para peserta diberi kesempatan untuk menyaksikan langsung tutorial memasak makanan bergizi sebagai upaya meningkatkan keterampilan para ibu dalam menyajikan makanan terbaik untuk anak. 

Di hari yang sama, kegiatan tidak hanya diperuntukkan untuk orang tua melainkan juga anak-anak melalui lomba mewarnai yang terbagi ke dalam dua kategori, yakni kelompok anak usia dini dan kelompok siswa sekolah dasar. Lomba yang menghasilkan 5 juara pada masing-masing kategori ini diikuti oleh lebih dari 30 peserta dari tiap kategori. 

Baca Juga :  Mahasiswa KKN-T IPB University di Desa Banjarwangunan Jalankan Program Pengembangan Posyandu Desa

“Acara yang sangat menarik. Tidak hanya orang tua yang mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tetapi anak-anak juga ceria bisa mengikuti lomba dan menikmati fasilitas permainan yang ada,” ungkap Asri, salah satu peserta kegiatan. (*/Rz)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
222 Views