Berhadiah 1 Milyar, Prodi Lingkup UTU Ditantang Ikut Kompetisi Kampus Merdeka

MEULABOH – UTU | Dalam rangka mendorong peran aktif program studi mengimplementasikan kebijakan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar (KMMB), Universitas Teuku Umar akan meluncurkan kompetisi Kampus Merdeka atau competitive fund untuk prodi lingkup Universitas Teuku Umar. Insentif yang disediakan untuk 8 program studi terbaik mencapai Rp 1 miliar.

“Kompetisi ini merupakan bentuk dari akselerasi Kampus Merdeka, mendorong program studi melakukan inovasi agar terjadi pembelajaran 4.0 atau Kampus Merdeka sebagaimana yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujar Rektor UTU, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE., MBA.

Menurutnya, kompetisi ini akan mendorong program studi untuk melakukan inovasi-inovasi yang dapat meningkatkan kompetensi serta menghasilkan lulusan yang relevan dengan perkembangan zaman serta siap memasuki dunia kerja.

Baca Juga :  BERKARYA DI TENGAH PANDEMI: DESAINER MUDA UNESA GELAR VIRTUAL FASHION SHOW BERTEMA CERITA RAKYAT NUSANTARA

Melalui program Kompetisi Kampus Merdeka, lanjut Prof Jasman, program studi dapat mengakselerasi kualitas dan relevansinya. Rektor mendorong prodi melakukan kemitraan baik dengan perguruan tinggi, lemaga pemerintahan, dunia industri dan lembaga pendidikan lainnya baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Kemitraan tidak hanya dalam bentuk nota kesepahaman atau MoU, tetapi komitmen untuk bersama-sama untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Programnya jelas, peran mitra apa dalam mencapai delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) dan bagaimana diimplementasikan dalam program-programnya,” jelas Prof. Jasman

Kompetisi ini akan diluncurkan pada 9 Juni 2021 mendatang, diharapkan seluruh program studi lingkup UTU dapat mempersiapkan diri untuk berpartisipasi. Dijadwalkan pada saat peluncuruan akan dihadiri oleh Dirjen Dikti, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng.

Baca Juga :  Akademisi UI Berikan Pendampingan untuk Pemulihan Usaha Mikro di Banten

Indikator penilaiannya lanjut Prof Jasman, berdasarkan kemampuan prodi merealisasikan 8 kriteria atau IKU, yaitu : 1. Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak 2. Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus 3. Dosen Berkegiatan di Luar Kampus 4. Praktisi Mengajar di Dalam Kampus 5. Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat 6. Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia 7. Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif 8. Program Studi Berstandar Internasional.

“Delapan prodi dengan pencapaian 8 IKU terbaik akan mendapatkan insentif dengan total 1 Miliar.” Pungkas Prof Jasman. (Aduwina Pakeh / Humas UTU).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
167 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x