Kunjungi Institut Teknologi Del, Dirjen Dikti Tekankan Kerja Sama dengan Industri

Samosir – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud (Dirjen Dikti) Nizam melakukan kunjungan ke Institut Teknologi Del Sumatera Utara, Kamis (18/3). Kunjungan dilakukan untuk melihat potensi kampus yang sedang berkembang pada industrialisasi, pariwisata, pengembangan usahan kecil menengah, serta menyiapkan lulusan-lulusan yang bisa terserap oleh pasar dengan cepat.

Pada kesempatan tersebut, Nizam menyampaikan semangat dari program Kampus Merdeka yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk sebanyak-banyaknya berinteraksi dengan mitra. Mitra dianggap dapat memberikan pengalaman dan pembelajaran di industri bagi mahasiswa. Nizam juga menilai Institut Teknologi Del sudah menjalankan kerja sama dengan mitra untuk membentuk lulusan yang dapat diterima industri.

“Program studi yang ada di Institut Teknologi Del terlihat akan berkembang sangat luas. Kampus perlu menjaga pembelajaran dan logistik seperti asrama, kesehatan fisik mahasiswa, intelektual, dan sosialnya agar bisa menghasilkan sarjana yang unggul,” ujar Nizam.

Baca Juga :  Kolaborasi Pengembangan Sumber Daya Laut dan Perikanan yang Berkelanjutan

Selain itu, Dirjen Dikti juga menekankan potensi untuk mengembangkan kewirausahaan dan keinginan mahasiswa yang ingin bekerja di dunia industri. Menurutnya, salah satu caranya adalah mengembangkan kreativitas yang unggul yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Sementara itu, Wakil Rektor Institut Teknologi Del Bidang Perencanaan dan Sumber Daya Arnaldo Sinaga, menyampaikan tujuan Institut Teknologi Del adalah untuk membentuk sekolah seperti “ITB mini” di daerah dengan kapasitas mahasiswa yang tidak banyak namun dengan pelayanan sebaik mungkin.

“Kami berharap visi dari Insitut Teknologi Del menjadi kampus unggulan yang berperan dalam pemanfaatan teknologi bagi kemajuan bangsa dengan indikator unggul melalui pembelajaran inkuiri dan kecakapan berpikir tingkat tinggi, pembentukan karakter, pengembangan, kontribusi dalam pembangunan daerah serta upaya memperbaiki taraf kehidupan masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga :  Melalui Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kemendikbud dan Kementan Sepakati Kerja Sama untuk Kemajuan Pertanian Indonesia

Turut mendampingi pada kunjungan ini, Direktur Sumber Daya Ditjen Dikti Sofwan Effendi dan Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Ridwan.
(YH/DZI/FH/NH/DH/SH/ADR/ALV)

Humas Ditjen Dikti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Laman : www.dikti.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Dikti
E-Magz Google Play : G-Magz

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
87 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x