eCampus President University untuk Pembelajaran Daring Mahasiswa President University

Cikarang, 18 Maret 2020. Menindaklanjuti Peraturan Rektor terkait pencegahan COVID-19, pembelajaran daring untuk semua mata kuliah telah berlangsung di President University.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring ini bersifat fleksibel. Artinya dapat dilaksanakan dengan metode apa saja, di mana saja, kapan saja, dan dapat mengikuti jadwal kelas tatap muka yang telah ada maupun jadwal yang disepakati dosen dan mahasiswa bersangkutan.

Koordinator Kampus Daring, eCampus President University, Ronny Juwono, M.T., mengungkapkan bahwa sebuah platform pembelajaran daring milik President University telah disediakan untuk menfasilitasi pembelajaran daring. “eCampus President University telah lama kami persiapkan untuk memfasilitasi perkuliahan daring. Karena sebelumnya, sudah ada beberapa dosen yang menerapkan metode pembelajaran daring di mata kuliahnya. Kali ini penggunanya akan lebih banyak, karena semua kelas tatap muka dialihkan ke kelas daring,” ujar Ronny.

Ronny menjelaskan bahwa penggunaannya cukup mudah, mahasiswa hanya perlu memasukkan username dan kata sandi pada laman https://ecampus.president.ac.id/. Untuk masuk ke kelas tertentu, mahasiswa dapat memasukkan enrollment key yang didapat dari dosen pengampu mata kuliah tersebut. “Jika sudah terdaftar dalam kelas, mahasiswa dan dosen dapat langsung melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan fitur yang telah dirancang oleh dosen. Ada fitur Tugas, Quiz, Chat, hingga Video Conference,” jelasnya.

Meski eCampus telah dipersiapkan, President University memberi kebebasan bagi dosen untuk menggunakan aplikasi daring lain yang dirasa lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya. “Apapun aplikasinya, jika dosen atau mahasiswa menemui kendala dalam proses pembelajaran daring, tim eCampus akan dengan senang hati membantu. Pertanyaan dapat disampaikan melalui surel ecampus@president.ac.id,” pungkas Ronny.

Tim eCampus sendiri akan secara berkala memberikan beberapa petunjuk penggunaan alternatif aplikasi daring lainnya bagi para dosen dan mahasiswa, salah satunya Webex, aplikasi daring milik Cisco yang mendukung fitur video conference. “Tujuannya hanya satu, supaya mahasiswa dan dosen dapat tetap melaksanakan proses belajar mengajar dengan lancar,” tutup Ronny.

Metode daring tidak hanya diterapkan untuk proses belajar mengajar di kelas. Kegiatan praktikum, bimbingan tugas akhir, bahkan sidang skripsi juga dilaksanakan secara daring.

Please follow and like us:
44

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *