Jaga Vitalitas Tubuh, Dosen dan Tendik Unika Minum Jamu

Untuk menjaga kesehatan diri dan imunitas tubuh dalam keadaan baik, maka mulai Jumat (20/3) hingga minggu depan, di Unika Soegijapranata setiap hari akan selalu disediakan minuman jamu bagi para dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang masih melakukan aktivitas kerja di kampus, demikian disampaikan oleh Dr V Kristina Ananingsih ST MSc selaku Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan yang juga dosen Fakultas Teknologi Pertanian Unika Soegijapranata.

Penyediaan minuman jamu ini juga merupakan salah satu tindakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau virus corona atau SARS-Cov-2 yang saat ini masih menjadi wabah di seluruh dunia termasuk Kota Semarang.

Disamping pemberian vitamin oleh Poliklinik Pratama BPJS Ibu Teresa kepada seluruh dosen dan tendik, jamu yang diramu dari beberapa tanaman rempah-rempah apabila diminum secara teratur dan benar akan memberikan efek positif pada tubuh.

Seperti yang disampaikan oleh Dr Kristina Ananingsih, bahwa minuman jamu yang dibuat dari jahe dan serai ini bisa menambah daya tahan tubuh manusia.

“Untuk menjaga ketahanan tubuh supaya selalu sehat, kita membuat minuman jamu yang dibuat dari bahan jahe dan serai. Komponen yang ada di dalamnya dapat menambah daya tahan tubuh kita, dan kita sediakan untuk para dosen dan tendik yang masih menjalankan tugasnya secara rutin,” ungkapnya.

Kandungan dalam tanaman jahe adalah bagian rimpang yang mengandung pati, minyak atsiri, serat, sejumlah kecil protein, vitamin, mineral, dan enzim proteolitik yang disebut zingibain.

Sedang dalam serai mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka.

“Disamping itu, kita juga memberikan informasi bagaimana cara membuat minuman tersebut, supaya bisa dibuat sendiri di rumah,” kata Dr Kristina.

Harapan kami, dengan asupan yang terkandung dalam minuman herbal ini, para dosen dan tendik di Unika Soegijapranata selalu dalam kondisi fit dan terjaga kesehatannya serta terhindar dari COVID 19, tutupnya. (fas/ Unika Soegijapranata )

Please follow and like us:
39

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *