Tim Gabungan BPBD Lakukan Penyemprotan Disinfektan di USU

MEDAN – Dalam rangka mengantisipasi sekaligus mengurangi dampak penularan virus Covid-19, Universitas Sumatera Utara mendapatkan penyemprotan disinfektan dari Tim Gabungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), yang juga melibatkan unsur dari Batalyon Arhanud 11/BS, Polrestabes Medan, dan Batalyon Armed 2. Penyemprotan berlangsung pada Jum’at (27/3/2020) pagi hingga siang hari. Dimulai dari Gedung Biro Pusat Administrasi USU hingga ke seluruh gedung fakultas dan seluruh unit pelayanan di USU.

Kegiatan tersebut langsung disaksikan oleh Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, Kepala BPBD Kota Medan H Arjuna Sembiring, Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing, MP, Kepala Biro Pengelolaan Aset dan Usaha Samijan, SH, serta beberapa staf terkait lainnya. Sementara di fakultas, lembaga dan unit-unit lain, para Dekan dan pimpinan lembaga masing-masing turut menyaksikan penyemprotan.

Tim Gabungan BPPD terdiri atas 80 orang personil yang dilengkapi dengan Alat Perlindungan Diri (APD) untuk menghindari berbagai hal yang tak diinginkan. Penyemprotan ini merupakan tindak lanjut dari penyemprotan pada hari pertama, Kamis (26/3/2020), di mana tim yang turun berasal dari Batalyon Arhanud 11/BS.

Dalam kesempatan itu, Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, SH, M Hum, mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk taat dan mematuhi aturan dan imbauan Pemerintah untuk tinggal di rumah saja selama merebaknya Pandemi Covid-19. Hal itu dilakukan untuk mengendalikan sekaligus mengurangi penyebaran virus yang sampai saat ini sudah memakan banyak korban jiwa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. 

Universitas Sumatera Utara juga telah menerapkan perkuliahan daring atau online bagi para mahasiswanya serta meliburkan mahasiswa dan dosennya dari aktivitas perkuliahan tatap muka, ataupun kegiatan kampus lainnya. Selain itu, seluruh proses kegiatan administrasi dan akademik juga turut diubah dalam bentuk pelayanan online, di mana seluruh pegawai USU juga telah dirumahkan sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Rektor No:3545/UN5.1.R/KPM/2020 tentang Upaya Peningkatan Pencegahan dan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di lingkungan Universitas Sumatera Utara. Surat Edaran tersebut menerapkan kebijakan lockdown dari segala aktivitas untuk lingkungan USU. Sebelumnya didahului dengan Surat Edaran Rektor  No : 3195/UN5.1.R/KPM/2020 tentang Kewaspadaan dan Pencegahan Penyebaran Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19) di Lingkungan Universitas Sumatera Utara. (Humas)

Please follow and like us:
42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *