Jawab Tuntutan Global, Undana Kirim Lima Mahasiswa Ikut Program Internasional di Jerman dan Filipina

KUPANG – Dalam rangka menjawab tuntutan global dan memberikan pelayanan terbaik bagi mahasiswa, maka sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terus menjaga reputasinya sebagai Universitas Berorientasi Global, Universitas Nusa Cendana (Undana) kembali mengirim 5 (lima) mahasiswa untuk mengikuti program internasional bergengsi di Jerman dan di Filipina.

Para mahasiswa tersbut adalah, mahasiswi Prodi Matematika Fakultas Sains dan Teknik (FST), Junita Christi Soewongson yang akan mengikuti program 10th Heidelberg Laureate Forum 2023 di Jerman dari tanggal 24-29 September. Sedangkan, Piela Banlamarto Ansgar Djahimo dan Maryo Felixtho Kasse Putr (mahasiswa Prodi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP),   serta Charis Febrian Djami dan Valleria Fillia Parera, mahasiwa dan mahasiswi FKIP Matematika, mereka akan mengikuti program “SEA-Teacher” di Don Mariano Marcos Memorial State University, Filipina, sejak tanggal 24 September hingga 20 Oktober 2023.

Dua program internasional tersebut akan menawarkan pengalaman belajar dan budaya yang tak ternilai harganya bagi mahasiswa Undana. Dalam program “10th Heidelberg Laurate Forum 2023” di Jerman, mahasiswa Undana akan bergabung dengan para pemikir terkemuka dalam bidang Matematika dan Ilmu Komputer dalam pertukaran interdisipliner. Program ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk terhubung dengan para pionir ilmiah dan mengambil pengalaman dari para laureates (pemenang) tentang bagaimana mereka meraih prestasi di bidangnya.  Sementara itu, program “SEA-Teacher” di Filipina adalah kesempatan bagi mahasiswa UNDANA dalam bidang pendidikan.

Baca Juga :  ISI DENPASAR LIBATKAN 61 TOKOH SUSUN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR



Mahasiswa FST Matematika, Junita Christin Soewongsono foto bersama pimpinan Undana, dan staf IRO saat acara pelepasan ke Jerman.

Pelepasan ke lima mahasiswa dilakukan oleh Warek II Bidang Administrasi dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si, Warek III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc, Warek IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng, Dekan Fakultas Sains dan Teknik (FST), Prof. Philipi de Rozari, S.Si., M.Si., M.Sc., Ph.D, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Malkisedek Taneo, M.Si, beserta para dosen Undana. Pelepasan dilakukan Aula Lantai 3 Rektorat Undana, 21 September 2023. Warek II Undana, Dr. Paul dalam sambutannya mengatakan, dengan mengikuti kedua kegiatan ini, merupakan kebahagiaan dan kebanggan tersendiri. Karena itu, ia berharap agar mahasiswa dapat berbagi pengalaman dan memberi dampak bagi  bagi mahasiswa lainnya di Undana.

Ia menjelaskan, selain berfokus pada pengembangan akademik, kedua program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memahami budaya, masyarakat dan teknologi di negara tujuan mereka. “Ini akan membantu mahasiswa Undana membangun keterampilan antarbudaya dan teknologi yang penting dalam dunia yang semakin terhubung,” tuturnya.

Warek III Undana, Dr. Sipri dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada mahasiswa yang akan berangkat  agar tetap menjaga  nama baik institusi serta menjaga keharmonisan dan kesehatan dalam mengikuti program ini.  Ia juga mendorong mahasiswa agar selalu berusaha tampil prima dan yang memberikan yang terbaik. Dr. Sipri berharap agar mahasiswa yang mengikuti kedua program tersebut tidak lupa memperkenalkan budaya Indonesia terkhususnya NTT melalui busana adat.

Baca Juga :  Undana Diminta Kaji Lingkungan Hidup Strategis di Kabupaten Sikka
Mahasiswa yang akan ke Filipina foto bersama para pimpinan Undana

Sementara itu, Warek IV Undana, Prof. Jefri Bale mengatakan, dengan pengiriman mahasiswa Undana ke luar negeri merupakan hal yang sangat penting dan sebagai bukti nyata Undana melayani stakeholder utamanya yaitu mahasiswa. “Pelepasan mahasiswa ini juga adalah bagian dari komitmen Undana untuk memberikan pengalaman belajar terbaik kepada mahasiswa. Diharapkan juga kalian setelah pulang dapat membawa dampak dan manfaat serta memanfaatkan media sosial untuk membagikan pengalaman kalian disana,” tutur Prof. Jefri.

“Undana berharap bahwa mahasiswa yang mengikuti program internasional ini akan kembali dengan pengetahuan yang lebih dalam, wawasan yang lebih luas, dan keterampilan yang lebih matang, yang akan membantu mereka dalam mencapai kesuksesan di masa depan. Program-program ini juga merupakan bukti nyata bahwa Undana semakin aktif dalam menciptakan peluang internasional bagi mahasiswa dan memperkuat reputasinya sebagai universitas berstandar global,” pungkasnya.

Untuk diketahui, 2 mahasiswa lain dari Undana juga sedang menunggu giliran untuk mengikuti kedua program tersebut pada Bulan Oktober mendatang. (Humas Undana)

FOTO-FOTO

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
970 Views