Jejak Rekam Prodi Desain Komunikasi Visual ISI Yogyakarta dalam Implementasi MBKM

Merespon kebijakan pemerintah dalam hal Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, (MBKM) pada pertengahan 2020 yang lalu. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa,  ISI Yogyakarta telah menerapkan proses pembelajaran aplikatif yang langsung menyasar pada kebutuhan industri maupun merespon kebutuhaan masyarakat. Pembelajaran kolaboratif dan partisipatif telah dirancang sejak dimulainya MBKM dengan melibatkan mitra. Dengan keterlibatan mitra dalam pembelajaran, mahasiswa menjadi lebih responsif dan ekploratif dalam menghadapai permasalahan yang ada di masyarakat dan industri.

Dalam implementasi Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM), Prodi DKV merancang kurikulum dengan menempatkan  mahasiswa tidak sekadar objek  siap pakai/siap membantu para mitra, namun lebih ditempatkan sebagai subjek pembelajar. Di sinilah poin penting kolaboratif-partisipatif, mahasiswa menempuh pembelajaran di luar kelas dengan didampingi oleh pihak mitra dan juga dosen pendamping dari Prodi DKV yang memiliki kelompok keahlian yang sesuai dengan bentuk pembelajaran luar kelas yang dijalani bersama mitra.

Baca Juga :  Bioteknologi, Solusi Pertanian Indonesia

Melalui pembelajaran luar kelas selama satu semester, produk luaran yang dihasilkan oleh mahasiswa dapat langsung digunakan oleh para mitra. Tentu saja produk luaran tersebut bukanlah sesuatu yang instan, namun mahasiswa telah melalui proses riset yang panjang dan pembimbingan dalam menghasilkan karya. Sehingga capaian luaran yang dihasilkan dapat relevan dengan capaian pembelajaran setiap MK yang menjadi konversi. Banyak karya luaran dalam program MBKM Prodi DKV bisa diakses oleh publik dan beberapa di antaranya berlanjut menjadi karya tugas akhir mahasiswa prodi DKV.

Dalam tiga tahun terakhir, Prodi DKV ISI Yogyakarta telah merancang dan menyelenggarakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk peningkatan kualitas pembelajaran termasuk dalam implementasi Case Method dan Team Based Project.

Baca Juga :  Digelar Daring, Kompetisi Chem-E-Car ITS Diikuti Universitas Asing

Berikut jejak rekam Prodi DKV, FSR, ISI YK dalam implementasi MBKM.

Rekam Jejak Program MBKM Prodi DKV dalam Implementasi MBKM

MitraRekam Jejak Kerjasama
Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB)Proyek Alih Wahana naskah budaya nusantara dalam berbagai media: komik, ilustrasi, animasi, dan buku.                  
PT. Bumi Langit CreativerseWorkshop Komik Superhero Bersama Bumi Langit (2020) Workshop Komik Bersama Bumi Langit dalam rangka Comic and Sequential Art Festival (2022)
Laboratorium Ilmu Pemerintahan UMY (Lab. IP. UMY)Mbangun Desa(in)  Magang dan Proyek Independen di 18 Kalurahan D.I Yogyakarta (1 September 2021-1 Februari 2022)
Jogja TVMagang MBKM (1 September 2021- 1 Februari 2022)
Ilmu sejarah UNYBersama Prodi Ilmu Sejarah UNY, kolaborasi dalam Project Historiovisual: Sejarah Preman di Yogyakarta
Dusun NologatenProyek Independen Randu (Rancang Dusun) di Dusun Nologaten 2022        
BNNP DIYMagang MBKM: Perancangan Media Edukasi Anti Narkoba 2021 Magang MBKM: Perancangan Media Edukasi Anti Narkoba 2022 Magang MBKM: Perancangan Media Edukasi Anti Narkoba 2023
International Program of Government Affairs and Administration Universitas Muhammadiyah (IGOV UMY)Magang MBKM 2022 Magang MBKM 2023
Dinas Koperasi  dan UMKM Provinsi YogyakartaMagang MBKM 2023
Dinas Kebudayaan Kota YogyakartaMagang MBKM: Perancangan Visual Branding Kampung Menari 2023
Perum Percetakan Uang Republik Indonesia Magang MBKM: Perancangan Housenote PERURI  4.0 2023
Balai Pelestarian Kebudayaan Wil X. D.I YogyakartaImplementasi Case Method dan Team Based Project untuk MK: Tipografi Desain dan Ilustrasi Desain (2024)
Museum SonobudoyoMagang MBKM 2024
PT TWC Prambanan, Borobudur, Ratu BokoMagang MBKM 2024
PT. Joko Lodang Pers Yogyakarta  Magang MBKM 2024
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
81 Views