Ribuan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 8 Siap Majukan Pendidikan Bangsa

Jakarta, Kemendikbudristek – Program Kampus Mengajar kembali hadir dengan angkatan kedelapan, membawa semangat baru dari ribuan mahasiswa di seluruh Indonesia yang ingin berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara kita. Sejak diluncurkan pada tahun 2020, program ini telah melaksanakan tujuh angkatan sebelumnya. Pada Selasa, 3 September 2024, mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 8 resmi dilepas untuk mulai bertugas di sekolah-sekolah yang telah ditentukan.

“Dengan penuh rasa haru dan bangga, kami kembali menerjunkan lebih dari 11 ribu mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 8 yang merupakan putra-putri terbaik bangsa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Abdul Haris.

Pada angkatan 8, terdapat total 11.795 mahasiswa yang terpilih menjadi peserta dan 1.490 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang siap terjun ke sekolah penugasan. Ribuan mahasiswa tersebut berasal dari 757 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Para mahasiswa ini akan ditugaskan di 2.907 sekolah di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 1.983 Sekolah Dasar (SD), 761 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 163 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Selama program berlangsung, para mahasiswa akan berperan sebagai mitra guru, membantu dalam proses pembelajaran, terutama untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

“Kemampuan literasi dan numerasi merupakan bekal penting untuk siswa-siswi agar dapat memahami pembelajaran secara utuh. Untuk itu, diperlukan strategi dan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar kemampuan literasi dan numerasi dapat terus diperkuat,” ungkap Iwan Syahril, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah.

Baca Juga :  Rektor UTU Targetkan 500 Mahasiswa UTU Ikuti Magang Kampus Merdeka

Selain penguatan literasi dan numerasi, Program Kampus Mengajar juga dapat membantu mempersiapkan siswa-siswi SMK dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti. Hal tersebut disampaikan Plt. Direktur Jenderal Vokasi, Tatang Muttaqin.

“Kehadiran mahasiswa telah menjadi katalisator dalam berbagai aspek pembelajaran. Mahasiswa tidak hanya membantu siswa-siswi SMK dalam penguatan soft skill, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar siswa. Mahasiswa juga berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan adaptasi teknologi siswa, sebagai sebuah keterampilan yang sangat dibutuhkan di era digital ini,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, berharap agar kemitraan yang terjalin antara pihak perguruan tinggi, mahasiswa, guru, dan tenaga pendidik di sekolah penugasan dapat menghasilkan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Salah satu upaya yang paling efektif dalam meningkatkan dampak positif Program Kampus Mengajar, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, adalah dengan mengimplementasikan Rencana Aksi Kolaborasi (RAK) secara dua arah. Hal ini mengutamakan proses interaksi aktif dalam pembelajaran dengan siswa di sekolah,” tambah Nunuk Suryani.

Baca Juga :  ISI Yogyakarta Gelar Sosialisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa

Acara Pelepasan Peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 8 yang digelar secara daring ini juga merupakan bentuk apresiasi dan motivasi bagi para peserta. Abdul Haris, mewakili Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menyampaikan pesan penugasan dan apresiasi kepada para mahasiswa yang akan segera berangkat untuk mengabdi pada negeri.

“Keberhasilan Program Kampus Mengajar tentu tidak lepas dari tekad dan semangat adik-adik semua yang berani keluar dari zona nyaman. Di tengah tingginya beban akademik dan tanggung jawab personal yang diemban, adik-adik mahasiswa memutuskan terlibat membantu para guru, bertemu para siswa dan menjadi inspirasi bagi siswa.”

Keikutsertaan mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar juga merupakan perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Hal ini disampaikan Asri Aldila Putri, Kepala Program Kampus Mengajar. Ia juga menambahkan bahwa sumbangsih mahasiswa akan turut berkontribusi dalam proses pemulihan dan transformasi pendidikan di Indonesia.

Sebagai bagian dari visi Merdeka Belajar, Program Kampus Mengajar terus menjadi simbol harapan dan perubahan positif di dunia pendidikan Indonesia. Dengan semangat dan dedikasi para mahasiswa, dosen, guru, dan seluruh pemangku kepentingan lainnya, program ini diharap dapat terus membawa manfaat nyata bagi sekolah-sekolah di seluruh penjuru Indonesia.