Seratus Peserta Program IISMA Kembali ke Tanah Air Setelah Menyelesaikan Studi Satu Semester di Malaysia dan Italia

Peserta Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2022 secara bertahap mulai kembali ke tanah air. Terakhir, serah terima kepulangan dilakukan untuk 101 peserta Program IISMA Jalur Sarjana yang telah menyelesaikan studi selama satu semester di kawasan Asia dan Eropa, Rabu (15/3) malam.

Kesempatan belajar di kampus terbaik dunia menghadirkan berbagai pengalaman berharga bagi para mahasiswa. Mereka kembali ke Indonesia dengan segudang cerita baik dan momen berkesan yang tidak hanya menarik untuk dikisahkan namun juga bermanfaat bagi pengembangan diri mereka.

“Terima kasih kepada semua yang sudah membantu kami dari awal sampai akhir perjalanan IISMA ini. Pengalaman IISMA sudah dan akan terus mempengaruhi hidup kami. Kami semua belajar sesuatu dan mengambil hal positif yang dapat meningkatkan kepribadian dan jiwa pelajar kami,” tutur Aiko Komala, perwakilan peserta IISMA di University of Padua, Italia.

Program IISMA yang terbuka bagi mahasiswa program sarjana serta vokasi ini merupakan salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Program IISMA Jalur Sarjana sudah diselenggarakan sejak tahun 2021, dan Jalur Vokasi sejak tahun 2022.

Baca Juga :  Pertukaran Mahasiswa Merdeka Hadirkan Ruang Jumpa Dinamis bagi Mahasiswa

Melalui program ini para mahasiswa bisa masuk dalam ekosistem pendidikan di tingkat global untuk memperoleh eksposur internasional serta peningkatan kompetensi sebagai bekal memasuki dunia kerja pasca lulus dari perguruan tinggi. Selain menjalani perkuliahan dan kegiatan akademik di kampus terbaik dunia, para peserta IISMA juga mengemban misi untuk menjadi duta budaya yang memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia di kancah dunia. Sesuai dengan banyaknya manfaat yang diperoleh, para mahasiswa pun diharapkan dapat menebar manfaat serta memberikan kontribusi positif selepas menyelesaikan program. 

“Kesempatan untuk belajar di luar negeri adalah suatu hal yang sangat berharga bagi setiap awardees. Sekarang seluruh awardees telah kembali ke Indonesia ke tempat kami masing-masing, akan tetapi kami sepakat sebagai alumni program IISMA kami akan menjaga nama baik program ini dengan senantiasa menjadi role model yang positif bagi lingkungan maupun komunitas kami,” kata Tristano Aviel Sunara, perwakilan mahasiswa dari Universiti Malaya.

Peserta yang baru saja kembali adalah 35 mahasiswa dari University of Padua, 20 mahasiswa dari University Malaya, 16 mahasiswa dari Universiti Teknologi Malaysia, 14 mahasiswa dari Universiti Sains Malaysia, dan 16 mahasiswa dari Universiti Kebangsaan Malaysia. Dengan kepulangan ini, sebanyak 1.512 mahasiswa dari total peserta IISMA 2022 sebanyak 1.557 telah kembali ke Indonesia untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi asal masing-masing.

Baca Juga :  Mendikbudristek: MSIB Bukan Program Magang Biasa

Deputi Operasional dan Pengelolaan Program IISMA 2023, Andi Wijaya, pada kegiatan ini melakukan serah terima peserta IISMA secara simbolis ke perguruan tinggi asal masing-masing peserta. “Kami berharap teman-teman mendapatkan perubahan paradigma setelah menjalani Program IISMA di luar negeri. Sesuai janji saat diinterview tahun lalu kami berharap teman-teman bisa melaksanakan apa yang dijanjikan untuk berkontribusi pada bangsa dan negara dengan cara apa pun,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan Deputi Pengembangan Program dan Kemitraan IISMA 2023, Hilda Cahyani. Ia menyambut kepulangan para peserta IISMA dengan ucapan selamat serta harapan agar program ini menjadi pembuka jalan bagi berbagai kesempatan berharga lainnya, termasuk kesempatan studi lanjut di perguruan tinggi terkemuka. “Selamat kepada para alumni yang telah melaksanakan tugas dengan baik, mendapatkan bekal masa depan dan tentunya mengharumkan bangsa dan negara. Saya percaya setelah mendapatkan pengalaman luar biasa ini akan banyak sekali kesempatan yang bisa adik-adik dapatkan,” ucapnya.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1053 Views