Beri Kesempatan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Perguruan Tinggi Terbaik Dunia, Program IISMA Kembali Hadir untuk tahun 2024

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan kembali menyelenggarakan Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) untuk tahun 2024. Program yang diluncurkan sejak tahun 2021 ini, telah memberikan kesempatan kepada lebih dari empat ribu mahasiswa Indonesia untuk belajar ke berbagai perguruan tinggi terbaik selama satu semester di berbagai penjuru dunia.

Sebagai bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Program IISMA berfokus pada peningkatan kemampuan akademik dan juga kompetensi mahasiswa dengan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) berupa pertukaran pelajar ke luar negeri.

“Melalui program MBKM flagship dan mandiri, mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang bermakna dan meninggalkan kesan mendalam, serta di saat yang sama mengasah berbagai keterampilan penting yang bermanfaat bagi pembentukan kepribadian dan persiapan mereka untuk mengarungi dunia kerja selepas menamatkan pendidikan tinggi,” terang Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani pada acara Sosialisasi IISMA 2024, Selasa (19/12).

Melalui kegiatan pertukaran pelajar ini, Suning menekankan bahwa mahasiswa yang telah selesai mengikuti Program IISMA tidak hanya berhasil dalam mengembangkan kemampuan akademiknya tapi juga mampu mengambil peran sebagai duta bangsa yang mengenalkan budaya Indonesia.

Pengalaman belajar di luar negeri juga akan menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar berbagai perspektif baru dan memperkuat wawasan global sehingga nantinya para alumni Program IISMA bisa berkontribusi lebih banyak ketika kembali ke tanah air.

Baca Juga :  Kuatkan Reformasi Birokrasi di Bidang Pendidikan Tinggi, plt. Dirjen Diktiristek Canangkan DRTPM sebagai Zona Integritas

“Semua perspektif baru ini kami yakini bisa mendorong mahasiswa Indonesia untuk melakukan evaluasi mandiri dan melahirkan banyak ide-ide serta inovasi baru yang akan berkontribusi bagi pembangunan negeri di masa yang akan datang,” ujar Suning.

Sejak awal peluncurannya, Program IISMA memang menjadi salah satu program favorit yang telah menarik minat ribuan mahasiswa serta ratusan mitra perguruan tinggi di luar negeri. Selain itu, tren pendaftar mahasiswa di setiap tahunnya juga relatif meningkat.

Pada tahun pertama penyelenggaraannya, program IISMA menarik minat 2.546 peserta sebagai pendaftar, yang kemudian meningkat hampir tiga kali lipat menjadi 7.501 pendaftar di tahun 2022. Program ini mencapai angka pendaftar tertinggi pada pelaksanaan tahun 2023, dengan sebanyak 9.116 mahasiswa jenjang sarjana dan diploma yang resmi terdaftar sebagai calon peserta.

Meskipun berhasil meraih berbagai catatan positif serta mendapatkan dukungan yang masif dari pimpinan perguruan tinggi, tim pelaksana Program IISMA berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan agar program ini bisa berjalan lebih baik di tahun 2024.

“Pada tahun depan, Program IISMA ini akan terus berkembang dengan mengoreksi beberapa hal yang perlu dikoreksi selama tiga tahun ini dan mudah-mudahan menjadi hal yang baik serta memberikan kesempatan kepada sebanyak-banyaknya mahasiswa,” ujar Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya.

Baca Juga :  Kemendikbudristek dan Mitra DUDI Tandatangani Komitmen Kerja Sama Melaui Program MSIB

Evaluasi ini kemudian diimplementasikan dengan dibukanya tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa Program IISMA 2024 yang terdiri dari jalur reguler, afirmasi, dan co-funding. Dengan skema baru ini, IISMA 2024 menargetkan sebanyak 3.000 hingga 3.300 mahasiswa yang bisa diberangkatkan ke luar negeri.

Sosialisasi yang dilaksanakan secara daring ini juga menghadirkan testimoni dari para alumni Program IISMA, salah satunya adalah cerita dari Ali Imrani Silalahi, mahasiswa Politeknik Negeri Lhokseumawe yang berkesempatan untuk belajar ke Selcuk University.

Ali menceritakan bahwa ia dari kecil tinggal di pulau yang cukup jauh dari pusat kota. Namun kondisi tersebut tidak menyurutkan mimpinya yang ingin bisa belajar ke luar negeri, meskipun memiliki keterbatasan ekonomi.

“Jadi ketika saya mendengar ada Program IISMA, saya langsung mendaftar. Dan bagi saya, mengikuti program ini adalah langkah besar untuk mengubah hidup saya ke depannya untuk melihat dunia sebagai tempat dengan banyak kesempatan,” cerita Ali.

Pendaftaran peserta mahasiswa untuk Program IISMA 2024 sendiri rencananya akan dibuka pada Januari 2024 mendatang. Informasi lebih lanjut terkait program ini dapat diakses melalui laman https://iisma.kemdikbud.go.id/

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
11646 Views