Bersaing Sehat Demi Menjadi SDM Unggul

Jakarta (10/06/2021) – Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mencanangkan Aktivitas Kampus Merdeka dengan salah satu contoh Aktivitas yang telah dilaunching ialah Indonesian International Student Mobility Awards.

Hal tersebut diungkapan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Aris Junaidi dalam acara Live Instagram Kampus Merdeka Series Episode 1 Program IISMA. Pada kesempatan tersebut Aris menyampaikan “Program Indonesian International Student Mobility Awards secara umum akan berlangsung selama 16 minggu, tetapi tanggal pastinya dan durasi akan disediakan oleh masing-masing universitas. Bertujuan untuk memberikan pengalaman mahasiswa belajar di luar negeri di 10 Perguruan Tinggi Luar Negeri Top US 100 di Dunia dan 40 di QS 300 Top Dunia”, Tuturnya.


Kelompok Kerja Kampus Merdeka menyelenggarakan Live Instagram Kampus Merdeka Series Episode 1 pukul 19.30 WIB (09/06/2021). Dengan diawali Sub Pokja Indonesian International Student Mobility Awards. Dengan Topik yang dibahas “Apa yang harus dipersiapkan Mahasiswa dalam mengikuti Program IISMA (Indonesian International Student Mobility Awards) ?” .
Indonesian International Student Mobility Awards ini bermanfaat membangun networking, belajar budaya dan berteman dengan Mahasiswa disana. Dengan rencana akan diberangkatkan sekitar 1000 Mahasiswa Indonesia dengan 74 Perguruan Tinggi. Mahasiswa mengambil 3 Matakuliah yang ditawarkan yang akan dikonversikan dan diakui matakuliah yang diambilnya.

Baca Juga :  Mosquito Commander (Komandan Nyamuk)


“Saya kira ini pengalaman yang luar biasa di batch pertama, dirasa akan lebih banyak lagi untuk di tahun depan. Dan sekarang sedang menunggu final siapa saja yang akan diberangkatkan ke luar negeri”, tambah Aris.


Melihat antusias sekali mahasiswa yang akan diberangkatkan sebanyak 1000 orang dan banyaknya pertanyaan soal siapa saja yang akan diterima. Selain dari sisi mahasiswa, bagi perguruan tinggi yang mengirimkan mahasiswanya, secara tidak langsung Perguruan Tinggi tersebut turut mendukung tercapainya IKU no 2.


“Kriteria dari mahasiswa yang mengikuti program ini merupakan semester 4-6 di Perguruan Tinggi dibawah naungan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Yang paling utama adalah bisa berbahasa Inggris,” ucap Ketua Sub Pokja IISMA Junaidi

Baca Juga :  Peran Humas Untuk Membangun Ekosistem Reka Cipta Kampus Merdeka


Sebanyak 3061 Mahasiswa mendaftar Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), nantinya hanya 1000 Mahasiswa yang akan diberangkatkan sesuai dengan Pergunruan Tinggi pilihannya.
“Program Kampus Merdeka merupakan

terobosan yang luar biasa, diharapkan gayung bersambut bagi Mahasiswa dengan beasiswa yang di implemantasikan 9 Aktifitas Kampus Merdeka. Silahkan bagi Mahasiswaa Indonesia bisa bersaing yang sehat untuk mengembangkan potensinya sehingga dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara untuk menjadi SDM Unggul,” tutup Aris Junaidi.


Episode Live Instagram selanjutnya akan dilaksanakan dari sub pokja Magang dan Studi Independen Bersertifikat, Kampus Mengajar, dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Harapan dilaksanakan Live Instagram ini untuk mempublikasikan informasi aktual dari setiap sub pokja kepada Mahasiswa Indonesia.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
100 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x