3000 Wirausahawan Mahasiswa Indonesia Ikuti KMI Expo XIII Tahun 2022

Surabaya – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) kembali menggelar ajang tahunan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022. KMI Expo digelar sebagai wadah bagi sekelompok wirausaha mahasiswa untuk menunjukkan produk terbaiknya.

Tahun ini, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menjadi tuan rumah pada KMI Expo XIII Tahun 2022 yang berlangsung pada 22-25 November 2022 dengan tema “Entrepreneurship Change To Good Life”. KMI Expo XIII diikuti sekitar 351 perguruan tinggi, 951 Produk Usaha dan lebih dari 3000 mahasiswa peserta. Selain itu terdapat 402 booth pameran dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Koordinator Kemahasiswaan Belmawa Ditjen Diktiristek Sukino mengungkapkan KMI Expo XIII pada tahun ini dilakukan secara luring. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wadah kepada mahasiswa yang merupakan calon-calon wirausaha muda untuk dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam bidang wirausaha.

Baca Juga :  Pelaporan Hasil Pelacakan Jejak Alumni (Tracer Study) Tahun 2022

“Kegiatan ini juga salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan ini menjadi salah satu tantangan dari G20 dalam transformasi teknologi, dan sebuah inovasi digital dimana mahasiswa menjalankan usaha berbasis digital,” ungkap Sukino.

Ahmad Fauzi selaku Rektor UPN Veteran Jawa Timur menyampaikan harapannya agar KMI Expo bisa berjalan dengan baik, dan penyelenggaraan dari UPN Veteran Jawa Timur sebagai Kampus Bela Negara dapat menambah semangat untuk berwirausaha secara nasional terutama bagi para mahasiswa.

Ahmad Fauzi juga mengungkapkan bahwa pemerintah sangat mendorong mahasiswa untuk berwirausaha dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Kewirausahaan Nasional. Adapun harapan pemerintah, rasio kewirausahaan dengan jumlah penduduk di Indonesia yang saat ini kondisinya masih 3,47 persen, nanti di tahun 2024 bisa naik menjadi 3,95 persen.

Baca Juga :  Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Siap Selenggarakan Uji Kompetensi Nasional Program Pendidikan Tenaga Kesehatan

“Atau ada pertumbuhan yang positif dari jumlah wirausaha ini. Artinya ada 1,5 juta lagi yang akan didorong oleh pemerintah untuk jadi usaha baru. Tentunya potensi terbesar ada dari mahasiswa. Ini luar biasa,” terang Fauzi.

Sesuai dengan Perpres Nomor 2 Tahun 2022, wirausaha mahasiswa menjadi prioritas nasional di Kemendikbudristek. Dengan demikian penyelenggaraan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia diharapkan bisa membantu mahasiswa yang tengah bertumbuh dan berkembang kewirausahaannya.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
471 Views