IISMA Menyambut Kembali Para Patriot

Jakarta, 29 Februari 2024 – Sebanyak 451 awardee Indonesian International Students Mobility Awards (IISMA) telah kembali ke tanah air setelah menyelesaikan studi di luar negeri selama satu semester. Setelah berhasil mengirimkan awardee ke berbagai belahan dunia, IISMA pada Kamis (29/2) malam menyelenggarakan kegiatan “Penyambutan Kepulangan dan Serah Terima Awardees Program IISMA 2023” tahap ketujuh yang juga menandai berakhirnya program IISMA tahun 2023. Kegiatan ini dilakukan secara daring untuk menyambut awardee dari kawasan Asia, Eropa, Amerika, dan Inggris-Irlandia.

Direktur Akademisi Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja, dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Suning Kusumawardani, hadir dalam kepulangan terakhir awardee IISMA ini. Selain itu, tim program IISMA, perwakilan perguruan tinggi asal, dan orang tua awardee turut ikut menyambut pulangnya putra-putri terbaik bangsa.

Beny menyambut dengan hangat kembalinya awardee IISMA ke tanah air. Ia menyampaikan pesan moral dan dorongan kepada awardee yang telah menyelesaikan program IISMA untuk mengambil inisiatif dan terlibat aktif dalam kehidupan kampus dan masyarakat. “Setelah mengikuti program IISMA, lulusan diharapkan memiliki kemampuan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang lebih sesuai sebelum terjun ke dunia nyata,” ujar Beny.

Tidak hanya itu, Beny juga mengapresiasi kerja keras dan dukungan dari dosen maupun Kantor Urusan Internasional (KUI) perguruan tinggi asal mahasiswa yang telah membimbing dan memberikan semangat kepada mahasiswa yang saat ini telah kembali ke Indonesia dengan penuh wawasan global. Beny menambahkan apresiasi yang tinggi kepada tim pelaksana program IISMA yang telah memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada mahasiswa vokasi.

Kepala Program IISMA 2024, Rachmat Sriwijaya, juga menyambut awardee IISMA dengan sangat bahagia. Dalam sambutannya, Rachmat menyampaikan bahwasannya perkembangan keikutsertaan kampus mitra program IISMA selalu berkembang setiap tahunnya.

Baca Juga :  plt.Dirjen Diktiristek: Tiga hal penting bagi perguruan tinggi "kualitas, relevansi, dan atraktivitas"

“Setiap tahun program ini selalu berkembang. Pada saat tahun 2023 ada 126 kampus mitra luar negeri dari 26 negara, maka pada tahun 2024 ini ada 177 kampus dari 30 negara,” imbuhnya.

Salah satu mitra host university sarjanaIISMA, Univerzita Palackého v Olomouci, Republik Ceko, memberikan testimoninya dalam kegiatan penyambutan kepulangan awardee IISMA ini. Diwakili oleh Vice Dean for Foreign Affair, Pavlína Flajšarová, yang menyampaikan rasa bangga sebagai host dalam program IISMA. Pavlína mengungkapkan bahwa mahasiswa IISMA merupakan aset berharga yang menjadi komunitas di Univerzita Palackého v Olomouci.

Ia juga menyampaikan harapannya untuk terus melanjutkan kerja sama dengan program IISMA di masa yang akan datang dan percaya kerja sama ini akan menghasilkan manfaat yang baik.

Lalu ada mitra host university vokasiIISMA, La Trobe College Australia, Australia, juga memberikan testimoninya. Diwakili oleh Director and Principal, Struan Robertson, menyampaikan rasa bangga sebagai host dalam program IISMA. “Kami sangat bangga atas persahabatan yang terjalin antara Indonesia dan Australia,” ujar Struan.

Selain itu, Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV) yang turut hadir untuk menyambut kembali lagi awardee IISMA program sarjana dan vokasi diwakili oleh Aliridho Barakbah, selaku Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Aliridho, selain ucapan terima kasih kepada seluruh pihak, ia menyampaikan PTPPV merasakan dampak yang luar biasa atas program IISMA. “IISMA ini satu breakthrough yang cukup luar biasa, mendobrak kekakuan pembelajaran yang selama ini ada,” ujar Aliridho.

Ucapan selamat dan rasa syukur datang dari perwakilan orang tua awardee yang diwakili oleh Freddy Soeyandi, Ayahanda Shane Vienna, salah satu awardee di Universitas Malaya, Malaysia, yang menyampaikan rasa terima kasih kepada program IISMA karena telah memberikan kesempatan bagi anak-anak mereka untuk belajar di luar negeri.

Baca Juga :  5.000 Mahasiswa Ikuti Kuliah Umum Bela Negara, Plt. Dirjen Diktiristek Pesan Kembangkan Kreativitas dan Gotong Royong

“Kami sebagai orang tua merasa bangga kalian telah berhasil menjadi awardee dan telah menyelesaikan program IISMA dengan baik,” pungkas Freddy.

Pada akhir kegiatan, Student Representative (SR) IISMA program sarjana yang diwakili oleh Annisa yang merupakan SR Keio University, Jepang, menyampaikan laporan hasil pembelajaran awardee selama masa studi di luar negeri mengenai pembelajaran akademik dan non-akademik.

“IISMA adalah suatu kesempatan yang sangat istimewa dan luar biasa, kami para awardee telah diberi kesempatan untuk berangkat ke luar negeri tidak hanya menempuh pendidikan kami tapi juga mengenalkan budaya Indonesia, komunitas-komunitas kami di host university masing-masing,” ujar Annisa.

Ia juga menyampaikan rasa terharu dan bangga diamanahkan untuk mewakili Indonesia di kancah internasional. Selain Annisa, SR IISMA program vokasi yang diwakili oleh Muhamad Ihsan Nuril Anwar yang merupakan SR University of Information Technology and Management, Polandia, menyampaikan laporan hasil pembelajaran awardee selama masa studi di luar negeri serta jadwal keberangkatan dan kepulangan.

“Program IISMA telah memberikan pengalaman berharga semoga ini dapat menjadi bekal kami berkontribusi untuk kemajuan Indonesia” ujar Ihsan.

IISMA 2023 telah membawa semangat nasionalisme dan patriotisme tinggi di antara pesertanya. Selamat kembali para awardee IISMA 2023. Semoga perjalanan seluruh awardee selama ini akan menjadi landasan kokoh untuk meraih kesuksesan di masa depan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
5496 Views