Raih Prestasi di Pimnas 36, Unpad Terus Matangkan Persiapan untuk Tahun Depan

Tim PKM Universitas Padjadjaran berhasil meraih sejumlah juara dan masuk 30 besar pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-36 yang diumumkan dalam acara Penutupan dan Penganugerahan di lapangan Pusat Pelayanan Basic Science, Kamis (30/11/2023) malam.

Unpad berhasil meraih lima prestasi yang terdiri dari satu medali setara perunggu pada kategori poster PKM-K-3, satu medali setara perak pada kategori poster PKM-RE-1, satu medali setara perunggu pada kategori poster PKM-RE-2, satu perunggu pada kategori presentasi PKM-K-4, serta kategori individu bertalenta yang diraih Satria Bentang Samudera pada PKM-PI.

Rektor Unpad,  Prof. Rina Indiastuti, memberikan tanggapannya terkait prestasi yang diraih tim Pimnas Unpad pada ajang Pimnas ke-36 ini. Ia bersyukur karena sejumlah tim Pimnas Unpad berhasil meraih beberapa medali.

“Tadi, tim Unpad beberapa mendapatkan penghargaan, bersyukur. Kita harus terus menguatkan. Tahun depan, harusnya lebih baik lagi dan kalau bisa dapat emas. Jadi, kita (harus tetap) semangat, ya,” ujar Rektor.

Senada dengan Rektor, Ketua Harian Pimnas ke-36, Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam, S.T., M.T., juga memberi apresiasi kepada tim Pimnas Unpad. Ia menilai prestasi Unpad di ajang Pimnas ke-36 ini mengalami peningkatan dibanding Pimnas sebelumnya.

“Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kita enggak ada peringkat. Tadi, ada beberapa (medali) perak sama perunggu juga yang kita dapatkan. Ke depannya, kita akan persiapkan supaya dapat emas,” kata Boy.

Baca Juga :  Penelitian di Bidang Kesehatan Gigi Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan : A life course approach

Lebih lanjut, Rektor mengatakan, Unpad harus belajar banyak dari perguruan tinggi lain terkait kesiapan Pimnas. Dengan adanya gelaran Pimnas di Unpad ini, diharapkan dapat memulai semangat yang lebih terkait minat mahasiswa dalam melakukan riset inovasi.

“Untuk Pimnas selanjutnya, harus lebih baik. Makanya, kita harus budayakan riset inovasi mahasiswa”, jawab Prof. Rina ketika ditanya mengenai harapan prestasi Unpad untuk ajang Pimnas selanjutnya.

Ditemui di sela acara, salah satu perwakilan tim Pimnas Unpad, Hadi Firdaus, memberikan tanggapannya usai pengumuman juara Pimnas ke-36 dilakukan. Ia mengaku tidak menyangka tim PKM-nya yang bernama “Seraphy” berhasil menyabet medali perak pada ajang lomba poster Pimnas ke-36.

“Alhamdulillah. Tentunya, perjuangan kita buat di Pimnas ini, ‘kan, emang gak enggak gampang, ya. Tapi, alhamdulillah. Rasanya kayak perjuangan kita, kerja keras kita terbayar dan bersyukur aja atas raihan medali perak di kelas poster,” ungkap Hadi.

Hadi pun berpesan kepada tim Pimnas Unpad yang belum berhasil meraih medali untuk pantang menyerah. Sebab, ada banyak kesempatan lain yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Unpad untuk meraih prestasi.

“Menurut aku, menuju Pimnas aja udah keren. Enggak harus juara karena aku juga sekarang enggak expact kalau misalkan aku enggak juara. Mungkin, kalau misalkan ada kesempatan di tahun depan, itu harus dicoba lagi,” tutup Hadi.

Baca Juga :  292 Mahasiswa USK Ikut PMM di Seluruh Indonesia

Adapun data PKM Unpad pemenang Pimnas 36 adalah sebagai berikut:

  1. Perunggu pada kategori Poster PKM-K-3 untuk tim “TABORAI: Inovasi Tablet Pemurni dari Bonggol Jagung Untuk Mengatasi Pencemaran Limbah Minyak Jelantah serta Memperbaiki Pola Konsumsi Minyak Masyarakat” ketua Nariswari Ratnadhewati;
  2. Perak pada kategori Poster PKM-RE-1 untuk tim “Kajian Oseanologi dan Recognition Tools untuk Mengembangkan Sea Sand Therapy yang Aman dan Berkelanjutan di Pantai Kejawanan Kabupaten Cirebon” ketua Hadi Firdaus;
  3. Perunggu pada kategori poster PKM RE-2 untuk tim “Injectable Biocopolymer k-Carrageenan Chitosan Berbasis Hidrogel dengan Vascular Endothelial Growth Factor (VEGF) sebagai Metode Inovatif untuk Perawatan Ulkus Dekubitus” ketua Ulyaa Rachmawati;
  4. Perunggu pada kategori presentasi PKM-K-4 untuk tim “EasyBath : 3in1 Antimicrobial Waterless Bath Spray Berbahan Rempah dan Limbah Kulit Jeruk Siam sebagai Produk Eco-Friendly Khas Nusantara” ketua Ingrid Putri Ramadhani;
  5. Penghargaan Individu Bertalenta diraih oleh Satria Bentang Samudra dari tim PKM-PI “Penerapan Pakan Fungsional Berbahan Baku Lokal Untuk Meningkatkan Performa Kambing Perah Di Kelompok Peternak Tani Jaya Makmur Daerah Pesisir Pantai” ketua Budi Santoso.*
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
108 Views