Dies Natalis Ke-62: Untan Rumah Bersama Membangun Negeri

Tahun 2021 ini Universitas Tanjungpura telah menginjak usia ke 62 Tahun. Sejak berdirinya, UNTAN selalu berupaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Sejalan dengan pesan founding father sebagai menjadikan kekuatan untuk menapaki masa depan bagi bangsa dan negara. Usia ke 62 tahun ini saatnya duduk bersama menjadikan UNTAN RUMAH BERSAMA MEMBANGUN NEGERI. Harapan ini menjadikan semangat bagi kita  untuk sinergi empati, adaptif, dan unggul di masa depan.

Text Box: Gambar 1 Sambutan Ketua Umum Dies Natalis Ke 62
Sambutan Ketua Umum Dies Natalis Ke 62

Dr. Achmadi, M.Si, Ketua Umum Pelaksana Dies Natalis menyatakan, “Peringatan Dies Natalis ke-62 merupakan media dalam mewujudkan visi UNTAN melalui 3 agenda besarnya: 1) Ekraf dan Digital Festival; 2) Seremonial Dies Natalis (Orasi Ilmiah); dan 3) UNTAN Development Forum, yang dilaksanakan sejak bulan Mei hingga Juni 2021 mendatang”.

Penyerahan Cendramata Inspiring Talkshow

Ekraf dan Digital Festival menjadi sarana membangun ekosistem digital dan ekonomi melalui penguatan kapasitas dan produk inovasi dosen dan mahasiswa. Seremonial dies natalis yang dilaksanakan pada tanggal berdirinya UNTAN, 20 Mei 2021 sebagai sarana membangun ekosistem digital dan kewirausahaan bagi sivitas akademik. UNTAN Development Forum (UDF) dilaksanakan sebagai panggung untuk mengapresiasi produk inovasi dosen dan mahasiswa melalui interaksi langsung kepada masyarakat dan dunia usaha/industri, dan stakeholder. Sebagai upaya menggali potensi dan inovasi diadakan pula lomba-lomba seperti:  Da’i Kampus, Sayembara Maskot dan slogan UNTAN, Video Profil UNTAN, Film Pendek Karakter, E-Sport, Virtual Background, KTI, dan Green Campus & K3. “Kegiatan dies ini mengusung semangat kolaboratif yang melibatkan unsur akademik, mahasiswa, alumni dan stakeholder UNTAN”, Tambahnya.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Rancang Kapal untuk Mengantarkan Pasien Covid-19
Text Box: Gambar 4 Sambutan Rektor UNTAN
Lomba Da’i Kampus

Rektor UNTAN, Prof. Dr. Garuda Wiko, SH., M.Si. FCBArb. dalam sambutannya menyatakan “Momen ini harus dijadikan refleksi dan transformasi dengan menghasilkan sejarah baru yang gemilang. Keinginan ini relevan dengan program merdeka balajar, untuk mengembangkan kemampuan terbaiknya sesuai dengan potensi yang dimiliki, dan akan menjadi paripurna dengan program karakter Pancasila. Semangat ini harus menjadi suasana kebathinan bagi kita semua menyongsong Dies Natalis ke 62 UNTAN. Usia 62 tahun tentu bermakna sebagai salah satu PTN yg bertugas mempersiapkan SDM unggul, idealnya masuk pada fase kematangan terutama pada kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang didasarkan pada tata kelola yang baik dan mengedepankan budaya mutu.

Baca Juga :  Dukung Program Pemerintah, ITS Beri Vaksinasi Sivitas dan Alumni

Dalam kesempatan lain, beliau menambahkan bahwa “Dalam konteks kekinian, di tengah perubahan yang begitu cepat, tantangan UNTAN menjelang usia ke 62 tahun adalah adanya disrupsi yang terjadi karena volatility, uncentainly, complexity, dan ambiquity. Yang harus dijawab dengan kemampuan adaptasi yang baik, dengan penguasaan mesin penggerak masa depan berupa artificial intelligence, internet of thing, mix reality,  blockchain, dan quantum computing.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis Ke 62 tahun ini dilaksanakan dalam kondisi pencegahan Pandemi COVID 19, melalui proses dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring) terbatas.

(Panitia Dies Natalis Ke 62 UNTAN)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
528 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x