Doktor UI Teliti Penggunaan Peran Scaffolding Dalam Interaksi Ibu-Anak pada Anak Down Syndrome

Program Pascasarjana Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) menggelar sidang terbuka Promosi Doktor secara daring atas nama Neneng Tati Sumiati pada Rabu (13/1). Neneng menyampaikan disertasi berjudul “Peran Scaffolding Dalam Interaksi Ibu-Anak dan Kemampuan Bahasa Reseptif Terhadap Kemampuan Delay of Gratification Anak Down Syndrome”. Sidang promosi doktor ini diketuai oleh Dr. Tjut Rifameutia Umar Ali, M.A., Dekan Fakultas Psikologi UI, dengan Promotor Prof. Dr. Frieda Maryam Mangunsong Siahaan, M,Ed., dan Ko-promotor Prof. Dr. Guritnaningsih Santoso. Ketua Penguji dan Tim Penguji dalam sidang tersebut adalah Prof. Sri Hartati R. Suradijono, MA., Ph.D. (ketua); Prof. Dr. dr. Soedjatmiko, SpA(K), M.Si.; Prof. Dr. Ali Nina Liche Seniati, M.Si.; Dr. Asep Supena, M.Psi.; dan Dra. Farida Kurniawati, M.Sp.Ed., Ph.D.

Fokus penelitian Neneng dalam disertasinya adalah anak Down Syndrome (DS), di mana anak DS memiliki kemampuan untuk menunggu dan menunda kepuasan (delay of gratification) yang rendah padahal kemampuan ini sangat diperlukan anak untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Saat ini, penggunaan scaffolding sebagai media bantu anak DS sudah marak dilakukan. Scaffolding adalah suatu kerangka kerja yang membantu siswa dalam berkomunikasi dan belajar, misalnya pertanyaan-pertanyaan pembantu atau berupa kalimat tidak lengkap yang harus dilengkapi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peran scaffolding dalam meningkatkan kemampuan delay of gratification anak DS.

Baca Juga :  Universitas Indonesia - Kemenristek/BRIN – University of Melbourne Pererat Kerja Sama

Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Penelitian kuantitatif tahap pertama bertujuan untuk membuktikan korelasi antara kemampuan menunggu anak saat menjalankan tugas, dengan kemampuan menunda kepuasan pada domain makanan, interaksi sosial, dan aktivitas fisik menurut persepsi ibu. Pada tahap kedua, penelitian ini berusaha untuk mencari korelasi hubungan antara tipe scaffolding yang dipergunakan dalam interaksi ibu-anak dengan kemampuan menunda kepuasan pada anak. Dua tahap penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk mendapatkan gambaran kemampuan delay of gratification anak DS dari ibu yang menggunakan metode scaffolding saat bermain lego.

Dalam penelitiannya, Neneng menggunakan tipe scaffolding dari Wood yang terdiri dari enam dimensi, yakni (1) Recruitment yaitu tutor berperan untuk membangkitkan minat atau antusiasme anak terhadap tugas; (2) Reduction in degrees of freedom yaitu tutor menyederhanakan tugas sehingga tugas dapat dilakukan anak; (3) Direction maintenance yaitu tutor berperan untuk menjaga agar anak tetap fokus mengejar tujuannya; (4) Marking critical feature yaitu upaya yang dilakukan tutor untuk menandai atau menonjolkan fitur penting dari tugas yang relevan; (5) Frustration control yaitu kemampuan tutor dalam mengendalikan frustrasi yang dialami anak; dan (6) Demontration yaitu upaya tutor untuk mendemonstrasikan atau “memodelkan” solusi dari tugas yang dihadapi anak.

Baca Juga :  PKSPL IPB University Tawarkan Eco-preneurship Konservasi Mangrove

Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi scaffolding yang berkorelasi dengan kemampuan menunggu anak adalah tipe scaffolding yang berfokus pada dimensi direction maintenance, speech, gesture, dan frustration control. Dari hasil penelitian Neneng, tipe scaffolding lain yang berfungsi dalam meningkatkan kemampuan menunggu anak adalah dimensi scaffolding yang berfokus pada kemampuan direction maintenance, reduction in degrees of freedom, dan demonstration.

Riset ini pada akhirnya menunjukkan bahwa ada tingkat korelasi nyata antara penggunaan scaffolding dengan peningkatan kemampuan menunda kepuasan pada anak DS. Pada interaksi antara ibu-anak yang terjadi pada scaffolding, anak dapat mengambilalih tanggung jawab dan mengembangkan kapasitas untuk melakukan delay of gratification.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Mariana Sumanti, S.Hum

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
370 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x