Dukung Program MBKM FH UNIDA Bogor lakukan Pertukaran Mahasiswa dengan FH UNSUR Cianjur

Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor dan Universitas Suryakancana (UNSUR) Cianjur menyelenggarakan kegiatan pelepasan dan penerimaan pertukaran mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid melalui platform Zoom Cloud Meeting bagi pimpinan dan mahasiswa UNSUR, serta di Aula Alumni bagi pimpinan dan para mahasiswa FH UNIDA Bogor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Kamis (9/9/2021).

Hadir memberikan pengarahan, Wakil Rektor I UNIDA Bogor Dr. Ir. Ristika Handarini, MP menuturkan, pertukaran mahasiswa  merupakan salah satu dari 8 kegiatan pembelajaran di luar Program Studi yang diarahkan untuk menguatkan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL).

Pertukaran mahasiswa dilakukan selama satu semester melalui sistem alih kredit antar perguruan tinggi setara 20 SKS. Hal ini bertujuan memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain melalui transfer alih kredit dan perolehan kredit, dengan mengikuti perkuliahan baik di dalam Program Studi maupun di luar Program Studi sebagai bagian dari Program MBKM.

“Tujuan pertukaran mahasiswa ini yaitu antara lain meningkatkan mutu perguruan tinggi melalui penguatan keunggulan komparatif (academic excellent) masing-masing dari perguruan tinggi, meningkatkan akses mutu pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh kepada mahasiswa di seluruh tanah air guna mendukung program MBKM, dalam rangka memperkuat dan menambah kompetensi lulusan perguruan tinggi,” tuturnya.

Baca Juga :  Unsyiah telah Uji 14.918 Sampel Swab, 23,6% Positif Covid-19

Lebih jauh, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP menyebutkan, dalam prosesnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pertukaran mahasiswa ini, diantaranya para mahasiswa wajib mengikuti perkuliahan secara daring baik synchronize maupun  asynchronize system sesuai mata kuliah yang diprogramkan serta wajib mengikuti kegiatan setara 20 SKS mata kuliah yang disetujui oleh perguruan tinggi pengirim maupun perguruan tinggi penerima.

Dekan FH UNIDA Bogor Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH menyampaikan, agenda pertukaran mahasiswa hari ini yang dilaksanakan oleh FH UNIDA Bogor merupakan agenda ketiga dalam program pertukaran mahasiswa. Sebelumnya, telah dilaksanakan juga program pertukaran mahasiswa nusantara serta program pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi luar negeri, yaitu dengan Istanbul Aydin University.

“Ini adalah agenda pertukaran mahasiswa FH UNIDA Bogor yang ketiga. Pertama, pertukaran mahasiswa nusantara, yang mana terdapat 5 orang mahasiswa kita yang mengikuti kegiatan pertukaran mahasiswa nusantara ini ke luar pulau. Yang kedua, ada dua orang mahasiswa ikut pertukaran mahasiswa dengan Istanbul Aydin University, Turki. Kemudian pada hari ini, pertukaran mahasiswa dalam program MBKM dengan FH UNSUR,” tuturnya.

Baca Juga :  Unbrah Perpanjang Kuliah Daring Antisipasi Covid 19, Pegawai tetap kerja dengan sistem piket

Dr. Hj. Endeh Suhartini, SH., MH berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan kegiatan pertukaran mahasiswa ini dengan baik sehingga memberikan wawasan tambahan untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki.

“Terima kasih kepada para pimpinan UNSUR yang selalu mendukung dan memotivasi, agar para mahasiswa kita ini bisa lebih sukses dari orang tuanya. Para mahasiswa harus semangat, jaga kesehatan dan protokol kesehatan. Semoga kegiatan pertukaran mahasiswa ini berjalan lancar tanpa halangan dan hambatan. Terima kasih sekali lagi kami sampaikan kepada FH UNSUR, semoga selalu tetap terjalin dengan baik silaturahmi antara FH UNIDA Bogor dan FH UNSUR,” tambahnya.

Senada dengan hal tersebut, Dekan FH UNSUR Prof. Dr. Henny Nurany, SH., MH mengatakan, kerja sama yang dibangun antara FH UNSUR dan FH UNIDA Bogor diharapkan dapat terus berlanjut tidak hanya dalam program pertukaran mahasiswa, namun dapat dikembangkan dalam program dan kegiatan lainnya.

“Semoga pertalian silaturrahim ini tidak hanya saat pada saat ini saja, tidak berhenti dalam program MBKM, tetapi dapat terus berlanjut dalam kegiatan lainnya. Dalam kesempatan ini kami menitipkan para mahasiswa kami untuk belajar di UNIDA Bogor,” ujar Prof. Dr. Henny Nurany, SH., MH dalam sambutannya. Pada sesi terakhir, dilakukan sosialisasi dan simulasi penggunaan sistem pembelajaran daring melalui Learning Management System (LMS) UNIDA-COOL oleh Muhammad Encep, S.Kom., M.T.I., MTA selaku Kepala Bidang Operasional dan Teknik Jaringan pada Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi (DSIT) UNIDA Bogor. Sosialisasi dan simulasi ini bertujuan memudahkan para mahasiswa maupun dosen pengampu mata kuliah untuk dapat mengikuti kegiatan pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan oleh UNIDA Bogor.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
164 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x