IPB University Melepas Mahasiswa Melaksanakan KKN-Tematik

IPB University kembali melepas mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). KKN Tematik kali ini memiliki tema “Optimalisasi Pemanfaatan Sumberdaya Wilayah dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Techno Socio Entrepreneurship untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada Masa Pandemi COVID-19.” 
 
Rektor IPB University, Profesor Arif Satria dalam sambutannya, menyampaikan bahwa KKNT merupakan kegiatan penting bagi mahasiswa. Kegiatan ini tidak sekedar melatih softskill dalam berkomunikasi dan berkolaborasi dengan masyarakat melainkan juga untuk menginspirasi masyarakat.  
 
“Semoga dengan adanya KKNT ini maka sensitivitas sosial kita semakin meningkat dan semakin tahu persoalan di lapangan. Karena pengetahuan kita di lapangan itu sangat penting untuk dapat memberikan solusi-solusi atas masalah yang ada,” terang Prof Arif Satria.

Baca Juga :  FEB-UNTAD LAKSANAKAN KEGIATAN LAUNCHING DAN SOSIALISASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)

Ia berharap, mahasiswa yang mengikuti KKNT bisa mengambil banyak hikmah. Menurutnya, semua tergantung dengan ketulusan hati yang dimiliki. 

“Dimanapun KKNT dilaksanakan, apabila kita memiliki positive thinking maka kita akan bisa mengambil hikmah dan mengambil manfaat dari aktivitas ini. Jika kita mencintai apa yang kita lakukan maka itu akan membuat kita bahagia, tapi jika itu membuat kita terpaksa maka kita tidak akan mendapatkan apa-apa. Semoga dengan KKN ini dapat membuat kita mengenal lingkungan kita sekaligus belajar dengan masyarakat,” ungkapnya.
 
Dr Ernan Rustiadi, selaku Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University menyampaikan, konsep pelaksanaan KKNT dilakukan dengan metode kegiatan tatap muka terbatas dengan mengikuti  protokol setempat. “Pelaksanaan KKN-T diselenggarakan pada 20 Desember 2021 hingga 31 Januari 2022. Terdapat 12 kelompok yang akan disebar pada 4 Kabupaten dengan rincian lokasi, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bogor, hingga Malaysia,” terangnya. (SMH)

Baca Juga :  ITS Ciptakan Robot Ventilator Murah Bantu Penanganan Pasien Covid-19
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1397 Views