Lewat Demo Day, WMK ITS Pamerkan Ratusan Produk Inovatif

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur, Dr Andromeda Qomariah MM saat berikan sambutan pada Demo Day WMK ITS 2023

Kampus ITS, ITS News — Pameran inovatif dengan tajuk Demo Day ITS’ Entrepreneur Exhibition secara resmi menutup rangkaian kegiatan Wirausaha Merdeka (WMK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 2023. Kegiatan ini berhasil memamerkan 121 stan produk dan inovasi yang berlangsung meriah di Graha Sepuluh Nopember ITS selama dua hari, mulai Kamis (7/12).

Membuka gelaran WMK, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur, Dr Andromeda Qomariah MM, mengapresiasi inovasi luar biasa yang terpamer pada acara Demo Day ini. Beliau menilai bahwa produk-produk yang dipresentasikan mampu mengatasi sejumlah permasalahan dalam dinamika jual beli oleh konsumen. “Selain bersifat solutif, inovasi-inovasi ini juga memberikan beragam pilihan baru bagi konsumen,” tambahnya.

Inovasi yang diusung melalui beragam opsi dalam kegiatan ini adalah contoh nyata dari perkembangan sumber daya mahasiswa yang kreatif, inovatif, dan produktif demi mewujudkan Indonesia yang sejahtera. Andromeda menekankan bahwa ke depannya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersedia memberikan dukungan dan berkolaborasi dalam segala upaya untuk meningkatkan mutu sumber daya mahasiswa, terutama mereka yang berkecimpung dalam dunia wirausaha muda.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Gagas Rancangan Bendungan Hemat Biaya
Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Timur saat melakukan visitasi ke stan peserta Demo Day WMK ITS 2023

Sejalan dengan Andromeda, Direktur Pascasarjana dan Pengembangan Akademik ITS, Prof Dr rer pol Heri Kuswanto MSi mengatakan melalui kegiatan ini, peserta dapat merasakan atmosfer nyata dalam berwirausaha. Salah satunya, mahasiswa dapat mempelajari cara mempromosikan produk kepada konsumen. “Karena dalam berwirausaha tidak hanya membutuhkan semangat, tetapi juga komunikasi, kemampuan menjual, serta relasi yang luas,” ujarnya.

Melalui upaya ini, peran penting ITS sebagai lembaga pendidikan yang berkomitmen kuat untuk membentuk mahasiswa dengan semangat kewirausahaan. Dengan menggalakkan Demo Day, Heri optimistis bahwa inisiatif ini dapat menjadi landasan untuk lahirnya lebih banyak startup yang tidak hanya mampu berkembang, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat.

Heri juga berpandangan bahwa keberhasilan para pengusaha muda ini akan turut andil dalam mewujudkan cita-cita besar bangsa, terutama dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Dengan demikian, inisiatif ini bukan hanya sekadar aktivitas pendukung, tetapi juga menjadi bagian integral dari peran ITS dalam membentuk generasi penerus yang berdaya saing tinggi dan berkontribusi aktif terhadap kemajuan negara.

Baca Juga :  Penelitian Langka, Dosen ITS Raih Beasiswa Postdoctoral Bergengsi di Jerman
Direktur Pascasarjana dan Pengembangan Akademik ITS Prof Dr rer pol Heri Kuswanto MSi saat berikan sambutan pada Demo Day WMK ITS 2023

Berbekal semangat berkontribusi lebih, produk yang dipamerkan dalam pameran kewirausahaan terbesar di ITS ini tak hanya berasal dari program WMK, tetapi juga dari salah satu program kebanggaan, ITS Youth Technopreneur (IYT) dan mata kuliah Kewirausahaan Berbasis Teknologi (KBT). Inovasi produk yang ditampilkan pun mencakup berbagai lini bisnis, seperti bisnis makanan, bisnis digital, teknologi terapan, dan aplikasi tepat guna.

Menariknya produk yang ditawarkan sejak pagi, ratusan pengunjung juga tak henti-henti telah memadati berbagai stan inovasi pada gelaran ekshibisi karya besutan para calon wirausahawan muda dari program WMK ITS ini. Rentetan karya menarik mencakup berbagai bidang, mulai dari baterai berbahan organik hingga produk fesyen kreatif yang dihasilkan dari daur ulang limbah.

Para pengunjung juga tidak hanya dapat menyaksikan produk-produk tersebut dalam bentuk video profil yang informatif, tetapi juga dapat melihat secara langsung protoipe inovatif yang telah dibuat oleh para calon wirausahawan muda. Tak hanya sekadar tampilan visual, banyak dari produk-produk tersebut juga siap dijual, menandakan kontribusi nyata dari para peserta program WMK ITS dalam menghadirkan solusi berkelanjutan melalui dunia wirausaha. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
425 Views