Tim Pengmas FIK UI Bantu Kelompok Pendukung Kelola Hipertensi Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sukmajaya dan Kelurahan Mekar Jaya Kota Depok, Jawa Barat berkolaborasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) yang berjudul “Optimalisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dalam Meningkatkan Manajemen Hipertensi di Masayarakat” dengan pengabdi utama dalam kegiatan ini adalah Ns. Utami Rachmawati, M.Kep., Sp.Kep.Kom.

Pengmas ini sebelumnya dimulai dengan kegiatan koordinasi dengan UPT Puskesmas Sukmajaya, dan Kelurahan Mekar Jaya sebagai salah satu mitra UI. Optimalisasi Program PIS-PK dilakukan dengan melakukan diskusi dan refresh pengetahuan para tenaga kesehatan yang ada di UPT Puskesmas Sukmajaya tentang capaian Program PIS-PK dan alternatif pelaksanaan sesuai Indeks Keluarga Sehat (IKS) yang salah satunya berkaitan dengan manajemen hipertensi di masyarakat.

Pelatihan kelompok pendukung yang terdiri dari kader kesehatan dan pelaku rawat klien hipertensi di masyarakat yang diadakan secara daring tersebut juga dilakukan sepanjang Desember 2020. Perwakilan kader kesehatan sejumlah 25 orang dan pelaku rapat klien hipertensi mengikuti pelatihan tersebut di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Barunastra ITS Kembali Harumkan Nama Bangsa di Kancah Internasional

Materi pelatihan diantaranya terdiri dari cara diet hipertensi dan melakukan latihan fisik, serta manajemen stres dengan penerapan berbagai terapi yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Penyampaian materi pelatihan tersebut diberikan oleh tim pengabdi, dan tim UPT Puskesmas Sukmajaya menyampaikan materi tentang pentingnya pemanfaatan fasilitas pelayanan kesehatan untuk klien hipertensi.

“Penting sekali untuk melakukan kontrol rutin bagi klien hipertensi, sehingga fasilitas hotline yang disediakan oleh UPT Puskesmas Sukmajaya bisa dimanfaatkan untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan yang tersedia dan memudahkan proses pelayanan pengobatan di tengah pandemi ini,” ujar dr. Vinta sebagai perwakilan UPT Puskesmas Sukmajaya yang terlibat dalam pelatihan kelompok pendukung.

Selain pelatihan, tim pengmas FIK UI memberikan timbangan, pengukur tinggi badan, alat pengukur tensi secara digital, serta modul “Perawatan Hipertensi di Rumah”. Menurut Utami Rachmawati, rangkaian kegiatan pengmas ini didasari atas meningkatnya prevalensi hipertensi pada penduduk usia diatas 18 tahun yang mulanya 25,8% menjadi 34,1%. “Tingginya kasus hipertensi di masayarakat harusnya bisa dikendalikan dengan pelibatan aktif dari klien hipertensi, pelaku rawatnya dan kerja sama yang apik antara Puskesmas dan kader kesehatan, sehingga apa yang kita berikan dapat berkontribusi pada pelayanan kesehatan di masyarakat,” kata Utami.

Baca Juga :  Desain Sepatu Ramah Lingkungan, Mahasiswa ITS Juarai IFCC 2020

Zainal Arifin, Lurah Mekar Jaya, menanggapi positif kegiatan ini. “Hal yang diberikan oleh FIK UI ini sangat bermanfaat. Semoga bisa menjadi motivasi agar kader kesehatan dan pelaku rawat hipertensi melakukan pelayanan di masyarakat sesuai harapan. Semoga pandemi COVID-19 segera usai agar kerja sama yang dijalin ini dapat secara menyeluruh dilaksanakan.”

Dalam menjalankan kegiatan ini, Tim Pengmas FIK UI ini terdiri atas Wiwin Wiarsih, S.Kp., M.N., Poppy Fitriyani S.Kp M.Kep Sp.Kep.Kom, dan juga anggota mahasiswa. Tim Pengmas FIK UI berharap agar masyarakat semakin termotivasi untuk melakukan cek kesehatan rutin dan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Berbarengan dengan penyerahan modul dan paket alat kesehatan ke pihak Kelurahan, dibuat kesepakatan untuk selalu menjalin kerjasama antara akademisi dan pihak Kelurahan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
479 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x