Tim Prodev FTUI Kembangkan Aplikasi Flood di Ponsel untuk Mitigasi Bencana Banjir di DKI Jakarta

Tim Akademisi Laboratorium Pengembangan Produk dan Inovasi (Prodev) Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Indonesia (DTI FTUI) yang diketuai oleh Dr. -Ing. Amalia Suzianti, S.T., M.Sc. mengembangkan aplikasi banjir bernama “Flood”. Aplikasi ini dirancang untuk membantu masyarakat dalam mempersiapkan diri ketika bencana banjir menghadang. Selain itu, aplikasi ini juga dapat menjadi salah satu sarana mitigasi bencana yang mudah diakses hanya melalui genggaman ponsel.

Tim Prodev DTI FTUI yang terdiri dari Clinton Samuel, Fira Atiqah, Aysha Salsabilla Herfinanda, dan Devin Hanif, terinspirasi untuk menciptakan aplikasi ini berangkat dari kurangnya ketersediaan aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai layanan yang terfokuskan pada penanganan bencana banjir. Dengan acuan aplikasi mitigasi banjir yang telah diluncurkan oleh pemerintah maupun BMKG, aplikasi “Flood” menawarkan kemudahan alur penggunaan serta keefektifan waktu untuk dapat mengakses berbagai macam fitur yang terdapat pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Bagi masyarakat pengguna aplikasi, tersedia fitur-fitur preventif seperti ramalan cuaca dan peta potensi banjir, serta fitur-fitur mitigasi bencana banjir seperti formulir kebutuhan, database informasi bencana, pesan bantuan, dan fitur pertolongan pertama darurat seperti panggilan darurat dan pengiriman lokasi. Bagi Tim SAR/relawan, untuk mempermudah mereka dalam menjalankan tugas memberikan bantuan kepada korban bencana, beberapa fitur juga telah disediakan seperti database korban, peta visualisasi bencana banjir, serta bantuan relawan.

Baca Juga :  Asuransi Ternak dan Peternak Mulai Digaungkan

“Aplikasi ini terbagi ke dalam dua peran utama sesuai user yang ada. Fitur-fitur aplikasi yang tersedia dipisah berdasarkan kebutuhan masing-masing peran, yaitu fitur bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan dan fitur bagi relawan/Tim SAR sebagai pihak berwajib penyedia bantuan,” kata Amalia terkait aplikasi Flood.

“Aplikasi ini tidak hanya menyediakan sarana untuk melaporkan bencana saja, tapi juga dapat digunakan untuk menyalurkan bantuan secara lebih optimal dan tepat sasaran dengan tersedianya database korban dan kebutuhan yang diperlukan oleh korban banjir. Selain itu, Flood dapat berfungsi sebagai penyedia informasi terkait ramalan cuaca dan potensi banjir, serta menjadi kanal bantuan bagi para korban banjir agar mudah untuk dicari,” kata Amalia.

Di awal November 2020, dikatakan Amalia, tim Prodev DTI FTUI telah melakukan pengujian dari prototipe aplikasi Flood dengan melibatkan narasumber di area Jabodetabek yang pernah menjadi korban banjir. Pengujian dilakukan untuk mengukur kemudahan penggunaan aplikasi, kepuasan pengguna terhadap fitur-fitur yang tersedia dan juga masukan dari pengguna terkait fitur yang ingin dirubah atau ditambahkan. Dikarenakan kondisi pandemi yang belum reda, tahapan pengujian dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom untuk menghindari tatap muka secara langsung.         

Baca Juga :  Prof Arif Satria Bicarakan Pentingnya Technosociopreneurship Bagi Dunia Bisnis Kedokteran Hewan

Kegiatan ini dapat terlaksana atas dukungan hibah dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI). Sebagai bagian dari program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat (pengmas), pengembangan aplikasi Flood diharapkan dapat menjadi media penyambung dan pembantu masyarakat yang terdampak banjir dengan pihak dari relawan dan tim SAR. Dengan dikembangkannya aplikasi ini, diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat di Jabodetabek secara luas dan dapat berguna ketika banjir kembali terjadi di masa yang akan datang.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
341 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x