Universitas Jember Dan UIN KHAS Jember Kerjasama Kembangkan Tri Dharma Pendidikan Tinggi

Jember – Dua lembaga pendidikan tinggi besar di Jember, Universitas Jember dan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) sepakat menjalin kerjasama dalam pengembangan Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Kesepakatan ini diharapkan akan menjadi penggerak dunia pendidikan dan sosial budaya di Jember bahkan di wilayah Tapal Kuda. Pasalnya kedua perguruan tinggi memiliki potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kepakaran di berbagai bidang, baik dosen maupun mahasiswa. Penandatanganan naskah kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) dilaksanakan oleh Rektor Universitas Jember bersama Rektor UIN KHAS di aula lantai 2 Gedung Rektorat dr. R. Achmad kampus Universitas Jember (9/1).

Prof. Babun Suharto Rektor UIN KHAS Jember saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Rektor UIN KHAS menjelaskan dalam rangka transformasi lembaga, pihaknya butuh bekerjasama dengan banyak pihak, terutama Universitas Jember sebagai sesama perguruan tinggi negeri. Apalagi UIN KHAS tengah merencanakan membuka program studi non keagamaan hingga pengembangan fakultas yang ada. Kedua, meningkatkan peran serta dan manfaat perguruan tinggi bagi kemaslahatan Jember dan wilayah Tapal Kuda. Diantaranya kolaborasi pengerahan mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Nyata dan melalui penelitian serta pengabdian kepada masyarakat oleh dosen.

Baca Juga :  Minggu Ini IPB University Gelar UTS Online untuk Mahasiswanya di Seluruh Indonesia

“Kami ingin belajar dari pengalaman Universitas Jember dalam mengelola program studi, khususnya program studi non agama. Termasuk di dalamnya menjalin kerjasama pertukaran dosen pengajar untuk jenjang magister dan doktoral. Kedua, belajar pengelolaan BLU mengingat Universitas Jember sudah terlebih dahulu menjadi PTN BLU. Dan tentu saja akan ada banyak kesempatan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya,” ujar Prof. Babun Suharto yang pagi itu didampingi para wakil rektor, dekan, Direktur Pascasarjana dan pejabat lainnya di lingkungan UIN KHAS Jember.

Dr. Ir. Iwan Taruna, M.Eng., IPM. Rektor Universitas Jember saat memberikan Sambutan.

Jalinan kerjasama ini disambut hangat oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna. Menurutnya kerjasama antara dua lembaga pendidikan tinggi ini sebenarnya sudah berjalan semenjak lama. Namun dengan penandatanganan MoU kali ini maka lebih terencana dan terlembagakan. Kolaborasi makin menjadi penting apalagi di era Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) saat ini. Oleh karena itu Iwan Taruna menugaskan para dekan yang turut hadir untuk segera menindaklanjuti pennadatanganan MoU dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Baca Juga :  Tim UI Berjaya di Ajang Kompetisi Bisnis Nasional Funding Frenzy 2021

“Dengan penandatanganan MoU ini, saya berharap dampaknya lebih kuat dan manfaat keberadaan Universitas Jember dan UIN KHAS bagi Jember dan wilayah Tapal Kuda lebih terasa. Walaupun sebenarnya sebelumnya sudah banyak kerjasama yang dilakukan diantara dua PTN. Semisal dalam berbagai kegiatan ilmiah kami melibatkan dosen UIN KHAS, termasuk dalam usaha menyosialisasikan Islam moderat dan moderasi beragama di kampus kami,” ujar Iwan Taruna yang didampingi Wakil Rektor III bidang Perencanaan, Data Informasi dan Hubungan Masyarakat. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
140 Views