Mahasiswa USK Raih Emas  pada Kompetisi Produk Inovasi di Korsel

Tim Mahasiswa Universitas Syiah Kuala berhasil meraih medali emas dan perak  pada ajang Product Innovation Competition SAFE 2024. Kompetisi ini  dilaksanakan sejak tanggal 27 – 29 Juni 2024 di Jeju National University, Jeju, Korea Selatan.

Pada kompetisi ini mahasiswa USK terbagi dalam dua tim. Pertama, Tim FERTISAPI yang berhasil medali emas atas  produk inovasi yang berupa pupuk vermikompos. Pupuk berbahan baku kotoran dan limbah sapi lokal Aceh ini untuk pertanian berkelanjutan, serta  ditujukan untuk daerah reklamasi.

Tim FERTISAPI ini terdiri dari Arief Darwisyi yaitu mahasiswa Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Hidayatullah dari Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik.

Selanjutnya, Tim Bee Kupi yang berhasil meraih medali perak atas produk inovasinya berupa pengharum ruangan alami yang terbuat dari kopi gayo dan minyak nilam. Produk ini menggunakan kemasan dari ampas tebu.
Tim Bee Kupi ini terdiri dari Hidayatullah dan Raudhatul Nazah dari program studi Teknik Industri, serta Retika Septi Diana Utari dari program studi Teknik Kimia.

Baca Juga :  Garap Pengembangan Area Segmentation pada Drone Agriculture, Mahasiswa Undiksha Raih Juara II di Gemastik

Kedua tim tersebut di bawah bimbingan dosen Program Studi Teknik Industri
Ir. Sarika Zuhri, S.T., M.T serta turut didampingi Dr. Evi Ramadhani, S. Si., M. Si selaku kepala bagian kewirausahaan USK.

Sarika mengatakan, kompetisi  ini bertujuan untuk memperlihatkan ide-ide baru dari sebuah studi oleh anggota SAFE dan para  peserta SAFE 2024. Kompetisi tersebut  terdiri dari dua kegiatan yaitu international conference on sustainable Agriculture, Food, and Energy dan Innovation Product Competition.

 Ajang SAFE 2024 ini diikuti 39 finalis dari  beberapa negara seperti Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Filipina dan Indonesia. Mereka berkumpul dan berkompetisi untuk memamerkan inovasi sesuai tema tahun ini, yaitu Lab to Blueprint: Bring Science Closer to the Community.

Baca Juga :  Peluncuran Buku Jejak Langkah Mahasiswa UM di Luar Negeri

“Kompetisi ini dimulai dengan seleksi abstract dan mengumpulkan draft inovasi produk, sehingga terpilih 39 produk inovasi untuk mengikuti final pada SAFE 2024 di Jeju, Korea Selatan,” ucap Sarika

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kewirausahaan Prof. Dr. Mustanir, M.Sc menyampaikan rasa syukur atas prestasi mahasiswa USK ini. Mustanir menilai prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan kesungguhan mereka untuk terus berinovasi.

“Alhamdulillah, kami berharap prestasi ini bisa memacu kreativitas dan inovasi seluruh mahasiswa USK, untuk selalu berkontribusi dalam mencapai prestasi terutama di kancah internasional,” ucapnya.

Direktur Direktorat Prestasi dan Kewirausahaan USK Dr. Ir. Rahmat Fadhil, S.TP., M.Sc juga turut menyampaikan rasa bangga dan selamat atas prestasi Tim Mahasiswa USK tersebut. Menurutnya, prestasi ini merupakan kebangaan kolektif sivitas akademika USK, sebab pencapaian tersebut  mampu meningkatkan reputasi USK di level internasional.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
43 Views