JWG Indonesia-Prancis 2024 Fokus Penguatan Kolaborasi Berkelanjutan Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

Unesa.ac.id. SURABAYA—Ratusan delegasi dan jajaran pejabat pemerintah Indonesia dan Prancis menghadiri opening ceremony Joint Working Group (JWG) XIII 2024 yang dilaksanakan di GRAHA Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya, pada Rabu, 3 Juli 2024.

Agenda yang berlangsung hingga Jumat, 5 Juli 2024 ini mengusung tema “Fostering Indonesia-French Higher Education, Research, and Innovation Partnership for Advanced and Sustainable Future.”

Sekjen Kemendikbudristek, Ir. Suharti, MA, Ph.D, mengatakan bahwa JWG yang dilaksanakan dua tahun sekali ini dimaksudkan untuk memperkuat kerja sama Indonesia-Prancis di bidang pendidikan dan kebudayaan.

Ada ratusan delegasi dua negara mendiskusikan mengenai kerja sama yang sudah dilakukan dan merencanakan kerja sama yang akan dilakukan ke depan. Semua dibahas bersama-sama kedua belah pihak.

Suharti menambahkan, melalui JWG, kerja sama Indonesia dan Prancis yang terjalin baik selama ini bisa semakin kokoh. Kolaborasi antara perguruan tinggi dan lembaga riset dua negara pun bisa semakin kuat.

Melalui kerja sama ini diharapkan proses dan hasil (output dan outcome) pendidikan semakin berkualitas. Pun semakin banyak hasil riset yang bisa digunakan di dua negara.

Baca Juga :  PKSPL IPB University Inisiasi Penguatan Kelembagaan Ekosistem Pesisir di Raja Ampat-Papua Barat

Aspek kerja sama melalui JWG ini difokuskan pada hal yang dibutuhkan untuk pembangunan nasional. “Jadi prioritas kita yaitu fokus untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045,” tandasnya.

JWG dan MBKM

JWG ini menjadi momentum penguatan program MBKM. Pemerintah Prancis sudah membuka pintu pendidikan tinggi maupun riset di Prancis untuk menerima mahasiswa Indonesia yang belajar di sana melalui program MBKM salah satunya IISMA maupun IISMAVO.

Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Fabien Penone menyatakan rasa senangnya bisa mengkonkritkan kerja sama terutama di bidang pendidikan. “Program seperti student mobility (pertukaran mahasiswa) tentu sangat penting bagi dua negara. Kami harap banyak mahasiswa Indonesia yang datang dan belajar di kampus kami, dan begitupun sebaliknya,”

Fabien Penone menekankan, kata kunci JWG yaitu penguatan partnership Indonesia dan Prancis yang sudah terjalin lama di bidang teknologi hingga agriculture. Namun, kali ini, kerja sama difokuskan untuk menjawab tantangan mutakhir di bidang pendidikan termasuk ekonomi digital hingga social sciences.

“Kami sangat percaya apa yang kami bangun melalui kerja sama ini sangat penting untuk transformasi pendidikan dan percepatan pembangunan di dua negara. Atas urgensi itulah kami melibatkan banyak sekali delegasi dalam JWG ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Program Studi Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta Jalin Kerjasama dengan AMA INDONESIA Cabang Yogyakarta

Selaku tuan rumah, Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung penguatan kerja sama Indonesia-Prancis. UNESA, lanjutnya, juga semakin memperluas kerja sama internasional, salah satunya lewat kegiatan tersebut.

“Bidang potensial apa yang ada di Prancis dan apa yang ada di Indonesia bisa dikolaborasikan untuk sama-sama menjawab tantangan pendidikan melalui penguatan inovasi. Kalau bagi Indonesia, kita fokuskan untuk penguatan SDM mewujudkan visi Indonesia Emas 2045,” kata rektor yang akrab disapa Cak Hasan itu.

Informasi lebih lanjut,

Direktur Humas dan Informasi Publik Universitas Negeri Surabaya

Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., (WA-081235620276)

Email: redaksi.humas@unesa.ac.id

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
74 Views