25 DOSEN ISI SURAKARTA LULUS SERTIFIKASI KOMPETENSI BIDANG PERFILMAN

Para peserta sertifikasi kompetensi bidang perfilman berfoto bersama Dekan FSRD ISI Surakarta Dr. Joko budiwianto, S.Sn., M.A.

25 Dosen ISI Surakarta dari Fakultas Seni Rupa dan Desain serta Fakultas Seni Pertunjukan mendapatkan Sertifikat Kompetensi bidang Perfilman, setelah mengikuti

pelatihan berbasis kompetensi sekaligus uji sertifikasi kompetensi yang berlangsung di hotel Ibis  Surakarta pada tanggal 15-18 Oktober 2021. Dalam pelatihan yang terselenggara atas kerjasama antara ISI Surakarta dengan LSP Kreator Film dan Televisi, diujikan 4 skema okupasi perfilman antara lain Manajer Lokasi, Penata Artistik, Penata Kostum, dan Sound Designer.

Dr Aton Rustandi Mulyana, S.Sn., M.Sn sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Seni Pertunjukan menyampaikan bahwa sertifikasi kompetensi dikalangan akademisi sangat penting untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan sehingga dapat mengayakan materi pembelajaran yang relevan dengan perkembangan di dunia industri. Hal ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik untuk mencapai Indikator Kinerja Utama (IKU).

Baca Juga :  Pandemi COVID-19 Tingkatkan Bisnis Peternakan di Kalangan Milenial

Kegiatan ini diikuti oleh 25 dosen yang berasal dari seluruh prodi di ISI Surakarta, dengan rincian yaitu 7 dosen pada bidang Manajer Lokasi, 11 dosen bidang Penata Artistik, 4 dosen bidang Penata Kostum dan 3 dosen pada bidang Sound Designer.

Pada penutupan rangkaian kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, Gunawan Paggaru selaku perwakilan dari ketua LSP kretaor Film dan Televisi menyampaikan bahwa 25 dosen  peserta pelatihan dan uji kompetensi tersebut “direkomendasikan kompeten” sesuai dengan skema bidang kompentensi yang diambil.

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Dr Joko budiwianto, S.Sn., MA mewakili Rektor Institut Seni Indonesia Surakarta yang menutup rangkaian acara kegiatan pelatihan dan sertifikasi kompetensi  menyampaikan bahwa 25 dosen ini nantinya akan menjadi pioner dalam pendirian LSP P1 ISI Surakarta yang akan segera diseralisasikan pada tahun 2022, sehingga kedepan ISI Surakarta bisa menyelenggarakan uji kompetensi secara mandiri bagi mahasiswanya. Saat ini ISI Surakarta telah memiliki 8 orang asesor di bidang Film, Desain Interior, Fotografi dan Batik, serta telah ditetapkan sebagai Tempat Uji Kompetensi bidang Perfilman dan bidang Fotografi.

Baca Juga :  Mahasiswi UM Sabet Juara Keterampilan Bakat Seni Terbaik di Chinese Bridge 2021
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
339 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x