Buka Peluang Kerja Sama, Dua Mahasiswa Goshen College Amerika Belajar di Undana

Kupang –  Universitas Nusa Cendana (Undana) pada bulan Maret ini mendapat kesempatan menerima 2 (dua) orang mahasiswa asal Goshen College, Indiana, Amerika Serikat. Dua mahasiswa tersebut adalah Lydia Mae Nolt, mahasiswi semester 6 pada History and Secondary Education, dan Benjamin Dale Zimmerman, mahasiswa semester 8 pada Sustainability Study. Mereka akan melakukan belajar selama 5 (lima) minggu, terhitung mulai 14 Maret 2022.

Kunjungan dua mahasiswa tersebut semakin membuka peluang kerja sama Undana dan Goshen College. Dalam waktu dekat, ke dua pimpinan, Undana-Goshen College akan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU). Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Ir. I Wayan Mudita, M. Sc., Ph. D ketika melakukan pertemuan dengan perwakilan Goshen College dan para PIC dan Koordinator di Ruang Rapat Rektorat Undana, Senin (28/3/2022).

Ia mengatakan, pertemuan tersebut salah satunya bertujuan untuk rencana penandatanganan naskah kerja sama / Memorandum of Understanding (MoU). Informasi tersebut akan disampaikan kepada Presiden Goshen College guna melakukan penandatanganan bilateral. Dengan adanya MoU tersebut, jelas Mudita, akan memungkinkan mahasiswa Undana juga melakukan kegiatan yang sama. Selain itu, kerja sama tersebut juga memungkinkan penambahan mahasiswa Goshen College pada semester depan untuk melakukan praktik dan belajar di Undana.

Baca Juga :  ITS Kembali Raih Kemenangan Beruntun di KMHE 2021

Kendati demikian, ia mengaku kendalanya adalah pembiayaan harus dilakukan sendiri oleh Undana. Sehingga, lanjutnya, hal itu sangat bergantung kepada finansial yang dimiliki Undana. Pihaknya juga mengatakan sejumlah kerja sama tersebut sudah disampaikan kepada Kepala IRO Undana agar mengkoordiansikan dengan pihak kementerian agar semua administrasi kerja sama dapat didokumentasikan dengan baik. “Karena selama ini kita lakukan kerja sama tertapi kurang tercatat saja dengan baik. Akibatnya, ketika diminta buktinya, kita tidak bisa siapkan,” beber Mudita.

Sementara itu, Director Agroecology Summer Intensive (ASI) Goshen College, Prof. Jhon Mischler pada kesempatan itu mengaku, pada prinsipnya persiapan kerja sama tersebut sudah dilakukan dengan baik. Karena itu, ia akan menyampaikan kepada Presiden Goshen College, untuk jadwal penandatanganan kerja sama bilateral. Pihaknya sangat senang, karena pihak Undana begitu antusias menerimanya bersama dua mahasiswa. Karena itu, dirinya berharap bisa bertemu dengan Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc guna membicarakan lebih lanjut kerja sama tersebut.

Baca Juga :  PKSPL IPB University Inisiasi Penguatan Kelembagaan Ekosistem Pesisir di Raja Ampat-Papua Barat

Kepala International Relation Office (IRO), Ir. Maria Lobo, M. Math., Ph. D menambahkan sejumlah kegiatan yang dilakukan dua mahasiswa Goshen College adalah pelayanan di Prodi Bahasa Inggris, pada bidang pertanian perikanan, maupun peternakan. Lydia dan Ben, sebut Kepala IRO ikut membantu memberikan pelatihan Bahasa Inggris kepada staf IRO. Selain itu, pada Prodi Bahasa Inggris, mereka juga mengunjungi sejumlah sekolah mitra guna memberikan edukasi dan sosialisasi tentang Bahasa Inggris. “Sedangkan kalau Ben itu ada di Lahan Kering dan Undana Farm, itu bicara soal agronomo, lingkingan, perikanan, dan aka nada penanaman Mangrove,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada pertemuan dengan pimpinan Undana, kedua mahasiswa Ben dan Lydia, mengaku senang bisa berada di Undana, dan melakukan belajar. Keduanya mengaku telah terlibat dalam beberapa kegiatan, misalnya mengunjungi Laboratorium Lahan Kering Kepulauan, terlibat dalam even debat Bahasa Ingris yang dilakukan Prodi Bahasa Inggris, FKIP, serta sejumlah kegiatan lainnya.  (rfl)

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas, Undana

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1078 Views