Fakultas Ekonomi & Bisnis Untad Gelar Pelepasan Mahasiswa Magang Mandiri Program MBKM

Bertempat di Media Center lantai II Untad, Fakultas Ekonomi & Bisnis pada Selasa (22/02/2022) Pagi melepas mahasiswa magang yang akan ditempatkan di berbagai mitra perusahaan swasta, NGO, PMI dan instansi pemerintah.
Dalam laporannya, Juliana Kadang, SE.,MM selaku Ketua Unit MBKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untad menyampaikan total jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang akan melaksanakan program magang MBKM Untad.

“Setelah melalui proses seleksi, terpilihlah 63 mahasiswa yang akan menjadi peserta magang yang akan di sebar diperusahaan swasta, daerah, NGO, PMI dan instansi pemerintah. NGO Aksi Cepat Tanggap yang akan dimasuki peserta magang tak hanya fokus dengan kemanusiaan, melainkan pendampingan kelompok ultra mikro yang relate dengan ekonomi dan bisnis. Peserta sudah diberikan bekal untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja. Sekitar 20 mitra MBKM juga bergabung untuk mementor para mahasiswa magang. Kami mengucapkan terima kasih atas kesempatan yg diberikan kepada peserta magang dan mahasiswa tunjukan keahlian kalian bahwa kalian mampu dan memiliki potensi.” Papar Dr. Juliana.

Dikesempatan yang sama, Dr. Anang M Diah selaku Ketua Unit MBKM Untad menyampaikan target program MBKM mendatang terkait magang dll.

“Selama ini setiap prodi telah diberikan hibah untuk aktifitas MBKM. Prodi managemen merupakan salah satu prodi unggulan dalam program MBKM. Hibah yang dikeluarkan tahun 2021 kemarin dikhususkan untuk aktivitas eksperimen dalam program ini. Tahun ini dan tahun 2023 masuk ke tahap penguatan terhadap implementasi yang dilakukan sebelumnya. Tahun 2024, MBKM diharapkan sudah masuk tahap mandiri terhadap pola pola pembelajaran dan menjadi kebutuhan di institusi pendidikan. Terkait magang ini, 97% banyak peserta merasa berkembang keterampilannya dan relevan dengan keilmuan yang dimiliki. 83% peserta yang pernah magang sangat merekomendasikan program ini. Sehingga peluang magang harus dimanfaatkan dengan maksimal oleh mahasiswa mengingat banyak alumni yang dikontrak oleh perusahaannya setelah mengikuti program ini. Praktisi/Mitra Program MBKM akan masuk ke kampus berkolaborasi dengan dosen sebanyak 44% yang melibatkan praktisi dengan harapan target kita dapat meningkat.” Ujar Dr. Anang.

Baca Juga :  Riset TDMRC Unsyiah; Masih Banyak Warga Aceh Beraktivitas di Luar Rumah Saat Corona

Pada kesempatan lainnya, Ketua PERUSDA Kota Palu sebagai perwakilan mitra menyampaikan bahwa dengan program magang ini, mahasiswa nanti menjadi lebih mampu beradaptasi dan berdaya saing.

“Kami meyakini pendidikan dapat memutus mata rantai kemiskinan. Dunia hari ini memiliki perubahan-perubahan yang sangat cepat. Sehingga hari ini saya berharap mahasiswa memiliki kemampuan adaptasi, mampu berdaya saing dan menjadi agen perubahan.” Jelas Ketua PERUSDA Kota Palu.

Kemudian Dr. Muh Iqbal A, SE.,M.Si, Ak selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam sambutannya menyampaikan terdapat peningkatan signifikan pada mahasiswa untuk belajar terkait program MBKM selama ini.

“Kesadaran mahasiswa saat ini semakin tumbuh untuk berbagi ke daerah sekitarnya melalui program MBKM. Saat ini ada mahasiswa kami yang sedang belajar ekspor yang mendorongnya untuk berwiraswasta. Saat ini ia telah melakukan survei didaerahnya untuk melihat apa yang dapat di ekspor dari daerahnya. Hal ini menunjukan perkembangan yang positif dimahasiswa kami. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada para mitra yang membimbing dan menyiapkan program kerja untuk mahasiswa kami saat melakukan magang.” Ujar Dr. Muh Iqbal.

Baca Juga :  Penerjunan Program Pembinaan Dan Pengembangan Wilayah Seni (P3wilsen) LPPM ISI Yogyakarta 2021

Diakhir sambutan, Prof. Dr. Ir. Mahfudz,MP selaku Rektor menyampaikan apresiasinya kepada mitra dan berharap agar mahasiswa mampu menjadi generasi emas untuk indonesia di tahun 2045 mendatang.

“Sebagai Rektor saya sangat mengapresiasi mitra karena telah menerima mahasiswa kami untuk magang di instansi/perusahaannya. Saya melihat mahasiswa kita adalah generasi emas yang sangat potensial untuk negeri kita mengingat bonus demografi indonesia di tahun 2045. Oleh karena itu, teruntuk mahasiswa yang terpilih dalam program magang ini, teruslah melakukan eksplorasi dan pendalaman kurikulum.” Ujar Prof. Mahfudz. MP

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan Mahasiswa Magang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program MBKM secara resmi oleh Rektor dan ditutup dengan foto bersama. AA

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1304 Views