FASILKOM UI LUNCURKAN APLIKASI WEB PROGRAM MAGANG KAMPUS MERDEKA

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) meluncurkan aplikasi web Magang Kampus Merdeka (MKM)  sebagai upaya menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek RI). Aplikasi ini hadir untuk menghubungkan mahasiswa Fasilkom UI dengan perusahaan/instansi/lembaga yang memfasilitasi program magang. Fasilkom UI mengundang mitra yang berasal dari perusahaan/instansi/lembaga untuk dapat bekerja sama memfasilitasi mahasiswa pada program MKM dengan mendaftarkan diri pada aplikasi web yang telah dapat diakses di https://mkm.cs.ui.ac.id.

Melalui program MKM ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan dan mengasah keterampilan dalam bidang teknologi informasi melalui praktik atau penerapan langsung di dunia kerja. Program MKM dapat dilaksanakan selama enam bulan dengan pengakuan sampai dengan 20 satuan kredit semester (SKS).

Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan Fasilkom UI, Dr. Ari Saptawijaya, menjelaskan, “Penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fasilkom UI tentunya diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa, khususnya melalui experiential learning. Melalui pembelajaran seperti ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk melatih kemampuannya dalam mencari solusi dari permasalahan nyata di tempat magang dengan menerapkan kompetensi di bidang ilmu komputer atau sistem informasi yang diperoleh di kampus.”

Baca Juga :  Pakar IPB University Sebut Interaksi Orangtua dengan Anak Akan Meningkatkan Keharmonisan Keluarga selama COVID-19

Ia melanjutkan, lewat berbagai kegiatan tersebut diharapkan soft skill mahasiswa menjadi lebih terasah. Kegiatan MKM ini dilakukan berbasis kerja sama dan bersifat selektif dalam pengakuan SKS pemagang. Hal itu, katanya, “Untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dalam kegiatan magang ini memang mendukung capaian pembelajaran lulusan dari kedua Prodi Sarjana di Fasilkom.”

Selain itu, Fasilkom UI melalui Program Kompetensi Kampus Merdeka (PPKM) tahun ini, mengusung program pengembangan Center of Excellence di bidang kecerdasan artifisial (KA)/artificial intelligence (AI). Bersama dengan para mitra kerja sama, Fasilkom UI bertekad menjadi stakeholder hub untuk pengembangan pendidikan dan penelitian di bidang kercerdasan artifisial.

Adapun lima program yang dirancang oleh Fasilkom UI untuk menyukseskan program pengembangan tersebut adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia Indonesia di bidang KA; pengembangan platform KA berbasis cloud untuk memfasilitasi layanan komputasi dan pembelajaran; pemanfaatan sumber daya untuk pengembangan solusi/inovasi berbasis KA; peningkatan reputasi akademik di tingkat Internasional; dan peningkatan kerjasama dengan industri, alumni, instansi pemerintah dan komunitas.

Baca Juga :  MEMBUMIKAN EKOSISTEM KAMPUS MERDEKA SEBAGAI JALAN MEMENANGKAN MASA DEPAN INDONESIA

Dalam menjalankan program-program tersebut, Fasilkom UI didukung oleh berbagai mitra dari industri, lembaga pendidikan dan pemerintahan, dan juga alumni, yang berasal dari dalam dan luar negeri. “Saat ini, pendaftaran mitra dan kegiatannya sedang berjalan. Setelah itu akan ada penilaian kegiatan untuk diketahui kesetaraan sks-nya. Beberapa mitra, baik dari industri maupun perguruan tinggi, sudah memiliki kerja sama dengan kami dalam mendukung program MBKM, antara lain Tokopedia, Solusi 247, dan Universitas Gadjah Mada,” ujar Dr. Ari.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
449 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x