Fateta Bakery UNEJ: Dari Laboratorium Hingga Jadi Bisnis Sukses

Jember, 14 Maret 2024 – Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember (UNEJ) berhasil membangun sebuah bisnis berupa produksi roti, bernama Fateta Bakery yang berdiri sejak bulan Agustus 2023. Menurut Sri Wahyuningsih, Wakil Dekan II FTP, awalnya bisnis ini berasal dari sebuah laboratorium kewirausahaan yang sejak menjadi laboratorium memang sudah menghasilkan produk. Namun masih belum ada pengembangan lebih lanjut hanya sekedar penelitian saja. Seiring berjalannya waktu berkembanglah menjadi sebuah bisnis produksi roti hingga saat ini.

“Ini merupakan pengembangan kegiatan yang awalnya dari level laboratorium dan alhamdulillah pada akhir tahun 2023 kemarin kita mencoba untuk mengembangkan menjadi satu unit bisnis. Karena seiring dengan era kampus Badan Layanan Umum (BLU) dimana fakultas harus menghasilkan sesuatu dan juga kita sudah mempunyai laboratorium dari kewirausahaan yang sudah merintis produksi roti, akhirnya kita kembangkan sampai saat ini.” ungkapnya.

Baca Juga :  Doktor ITS Gagas Metode Baru dalam Proteksi Jaringan Listrik

Ia juga menjelaskan bahwa bahan dan resep merupakan hasil pengembangan beberapa penelitian yang ada di FTP, “Alhamdulillah sampai saat ini bisnis kami terus mendapatkan dukungan berupa fasilitas alat produksi dan mencoba untuk mengembangkan menyempurnakan resep dari anak-anak peneliti yang kita kembangkan hingga saat ini dan bisa kita nikmati di bakery ini.” jelasnya.

Kemudian ia pun juga menambahkan untuk melancarkan bisnis tersebut hasil penjualannya masih dalam lingkup kampus dan hanya menerima pesanan, tidak menjual di toko-toko roti. Ke depan rencananya akan dibangun sebuah kafe yang terletak di depan gedung ISDb FTP, yang nantinya akan dikelola serta terus dikembangkan jumlah produksi setiap harinya.

Baca Juga :  IPB Peduli Stunting: Dampingi Keluarga Beresiko Stunting di Wilayah Lingkar Kampus

“Kemudian di situ tidak hanya roti yang kita tampilkan, tetapi juga produk-produk dari teman-teman FTP seperti jamu, kopi dan produk hasil penelitian lainnya. Targetnya insyaallah akhir tahun ini terealisasi dan kita sudah bisa launching,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Anggita Arifatul Aini, salah satu Tim Produksi Fateta Bakery mengatakan, karakteristik produk roti ini, tentu berbeda dengan produk lainnya berdasarkan review dari beberapa konsumen, “Produk kami memiliki tekstur yang lebih lembut. Dikarenakan bahan baku yang kita gunakan masih fresh, benar-benar langsung dari hasil pertanian dan dengan rekomendasi pakar-pakar pangan FTP.” katanya.

Untuk info produk dan pemesanan dapat mengunjungi laman marketplace Fateta Bakery https://bpu.unej.ac.id/market/unit_usaha/16/0/9 atau menghubungi nomor whatsapp 082132366867. (dil/adi)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
382 Views