Gandeng Amazon Web, IPB University Gelar Workshop AWS Immersion Day

Direktorat Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan (DPPTP) bersama Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD) bekerjasama dengan Amazon Web Services (AWS) menyelenggarakan Workshop AWS Immersion Day, 21/7. Kegiatan ini digelar secara luring, bertempat di Gedung Pusat Komputer Lt 1 Kampus Dramaga, Bogor. 

Dr Kaswanto, Asisten Direktur Pengembangan Teknologi dan Digitalisasi Pendidikan, DPPTP IPB University menerangkan, workshop ini merupakan tindak lanjut dari adanya Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama antara IPB University dan AWS. Ia berharap, kegiatan-kegiatan serupa yang ditujukan untuk peningkatan kapasitas sumber daya manusia IPB University senantiasa dapat terus dilakukan.

“Kerjasama IPB University dengan AWS sejatinya perlu ditindaklanjuti dengan kegiatan implementatif yang mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi dan pelaksanaan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Tahun Akademik 2022/2023,” ujar Dr Kaswanto.

Baca Juga :  Gandeng IGES, ITS Memperbesar Kontribusi Atasi Sampah di Indonesia

Hadir sebagai narasumber, Hendry Anwar, Solutions Architect – Worldwide Public Sector AWS. Dalam kesempatan itu ia menjelaskan,kemampuan untuk auto-scaling web services perlu didukung dengan Disaster Recovery.  “Sehingga workshop ini memberikan hands-on untuk membuat auto scaling dengan EC2 Auto Scaling Group. Selain itu, juga ada hands-on membuat VPC dengan VPC Wizard,” tambah Hendry.

Adapun materi workshop yang diberikan diantaranya AWS 101 dan Core Services (Compute, Storage, Database), Scaling dan Load-balancing AWS, Whiteboarding Scalable Moodle on AWS dan  Hands-on Workshop VPC dengan VPC Wizard.

Selain itu juga disampaikan materi mengenai  Hands-on Workshop Auto-scaling Web Services dengan EC2 Auto Scaling Group, Backup dan Disaster Recovery, Perlindungan Server dengan AWS Elastic Disaster Recovery dan Analisis Kebutuhan Aplikasi Ujian Online di IPB Moodle. 

Baca Juga :  Kuliah Umum Menteri Perindustrian RI di FEB UI: Resiliensi Sektor Industri Kunci Pemulihan Ekonomi

Dr Kaswanto mengungkap, pelaksanaan workshop berjalan dengan penuh semangat. Hal itu terbukti dengan berjalannya diskusi dari para peserta yang antusias. “Diskusi berjalan dengan amat spesifik dan advance terkait dengan service yang diberikan oleh AWS. Terutama ketika membahas kebutuhan aplikasi Ujian Online di IPB berbasis Moodle,” sebutnya. (*/Rz)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
251 Views