HA IPB University Buka Program Diaspora Mentoring, Sukseskan Mahasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Himpunan Alumni (HA) IPB University Launching Diaspora Mentoring IPB Batch 1, (21/3) yang menghadirkan mentor dari  Jepang, Jerman, Belanda, Arab Saudi, Malaysia, Turki, China, Inggris dan Britania Raya. Ada 30 mentee yang lolos dan terdaftar pada Diaspora Mentoring IPB Batch 1 ini. Pada kegiatan ini nantinya para mentor akan membagikan, mengarahkan dan mendampingi para mentee untuk mempersiapkan diri agar dapat melanjutkan studi di luar negeri sesuai dengan negara yang ditargetkan para mentee.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria mengatakan bahwa kegiatan mentoring oleh diaspora ini sangat luar biasa. Kegiatan yang diinisiasi oleh HA IPB University ini bertujuan untuk melahirkan calon-calon pemimpin dunia. Tentunya perlu dimulai dengan langkah-langkah yang sistematis by desain.

“Kegiatan HA ini sudah sejalan dengan visi IPB University yakni menjadi techno-socio-entrepreneurial university. Kita berharap dapat melahirkan calon-calon techno-preneur, socio-preneur yang memiliki leadership yang unggul. Dari berbagai lembaga yang mengidentifikasi skill baru, leadership merupakan sebuah skill yang sangat diperlukan oleh seseorang. Leader ialah dimana kita tak hanya memikirkan diri sendiri, namun juga memikirkan orang lain. Kita berharap bahwa leadership yang kuat ini menjadi kekuatan untuk kita dalam menambah stok juga mempersiapkan pemimpin di masa depan, pemimpin dunia bisnis, politik dan dalam bidang apapun yang bisa memberi pengaruh besar. Leadership tak hanya soal kedudukan tapi influence atau mempengaruhi, maka dari itu memberikan dan mentransformasi perubahan bagi bangsa ini, diperlukan pengaruh-pengaruh yang konstruktif juga efektif,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Baca Juga :  Uni Eropa Perkuat Kolaborasi dengan Universitas di Indonesia

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB University, Ir Fathan Kamil mengatakan bahwa Diaspora Mentoring menjadi sangat penting karena akan menjadi pintu masuk untuk memperkuat basis jaringan alumni IPB University di berbagai di negara. Kegiatan ini juga dapat mempersiapkan stok pemimpin yang terbangun dari berbagai negara.

“Mentoring Diaspora yang tersistematis akan mendorong lahirnya kader-kader terbaik di berbagai belahan dunia. Harapan kami, minimal satu tahun ke depan terbentuk lapisan kepemimpinan yang baik di dalam maupun luar negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Ir Walneg SJas, MM selaku Sekretaris Jenderal HA IPB University menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah penguatan jumlah student, penguatan jaringan, pendampingan akses kuliah, dan penguatan reputasi IPB University.

Baca Juga :  Lulusan S-2 PGRI Dilarang Gaptek

“Bentuknya nanti berupa program pendampingan “One on One Mentoring” untuk sukses mendaftar dan menjalani kuliah di luar negeri, mendapatkan beasiswa serta mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial dan budaya di negara tujuan. Mentornya adalah alumni IPB University yang menjadi Diaspora,” imbuhnya.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
72 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x