Impelementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, IKIP Siliwangi Cimahi Lanjutkan Kerjasama dengan Universitas PGRI Semarang

Pengembangan program kerjasama perguruan tinggi menjadi salah satu tantangan dan kesempatan untuk membangun kualitas layanan pendidikan tinggi yang bermutu di masa yang akan datang, selaras dengan kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka yang di gaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, IKIP Siliwangi menandatangani kontrak kerjasama bersama dengan Universitas PGRI Semarang (Upgris), pada tanggal 27 Mei 2021 bertempat di Gedung Rektorat Universitas PGRI Semarang.

Hadir pada acara tersebut, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. didampingi Wakil Rektor I dan unsur pimpinan terkait. Sedangkan dari Universitas PGRI Semarang, Rektor Upggirs, Dr. Muhdi, M.Hum, didampingin oleh Wakil Rektor I, II, III, IV dan bagian Kerjasama. Pada acara tersebut, selain melaksanakan silaturahmi, kedua pimpinan perguruan tinggi didampingi unsur pimpinan terkait melakukan evaluasi kerjasama yang berkaitan dengan implementasi kesepakatan bersama dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan tinggi, tridharma perguruan tinggi dan implementasi merdeka belajar, kampus merdeka di kedua perguruan tinggi.

Baca Juga :  Mahasiswa FIK UI Edukasi 3M COVID-19 bagi Anak SD

Dalam pembukaan sambutan, Rektor UPGRIS, Dr. Muhdi, M.Hum. mengemukakan kebahagiaan dan kebanggaan untuk bisa bekerjasama dengan IKIP Siliwangi, selain sebagai salah satu bentuk penguatan kapasitas layanan pendidikan tinggi, program kerjasama juga telah mewujudkan beberapa bentuk hasil kerjasama lainnya, seperti penelitian dan publikasi ilmiah bersama. Sehingga bisa memberikan daya dukung dalam meningkatkan kualitas diantara kedua perguruan tinggi. Selain itu, kerjasama juga dilakukan dalam bentuk kemitraan sebagai perguruan tinggi swasta yang setara, sejajar dan saling menguntungkan, sehingga secara kelembagaan mampu memberikan dampak yang baik.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IKIP Siliwangi, Prof. Dr. H. Heris Hendriana, M.Pd. juga mengungkapkan kebanggaan dan kegembiraan yang sama, bisa kembali bersilaturahmi dengan mitra kerjasama yang telah berjalan sedemikian lama, bahkan sejak IKIP Siliwangi masih bernama STKIP Siliwangi. Kerjasama kemitraan ini telah dirasakan memberikan banyak manfaat dan dampak positif bagi kedua belah pihak. Selain karena sama-sama perguruan tinggi swasta, juga karena kedua perguruan tinggi juga memiliki fokus yang sama terhadap pembangunan pendidikan di Indonesia, sehingga kesamaan visi, misi dan tujuan ini yang kemudian menjadi salah satu pendukung dalam implementasi kerjasama.

Baca Juga :  Program Studi Akuakultur IPB University Tempat Belajar Budidaya Ikan Paling Oke

Pada acara tersebut, dilakukan pula penandatanganan naskah kerjasama diantara kedua belah pihak, yaitu IKIP Siliwangi dan Universitas PGRI Semarang yang meliputi kerjasama dalam bidang tridharma perguruan tinggi, publikasi ilmiah dan kurikulum merdeka. Acara ditutup dengan sesi foto bersama antara pimpinan dan unsur pimpinan dari kedua perguruan tinggi.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
123 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x