ITS Institusi Terbaik Pendukung Pembelajaran Daring di SPADA Award 2021

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi kedua terbaik perguruan tinggi yang mendukung pembelajaran daring pada SPADA Award 2021
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi kedua terbaik perguruan tinggi yang mendukung pembelajaran daring pada SPADA Award 2021

Kampus ITS, ITS News – Upaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dalam mendukung pembelajaran daring mendapat apresiasi membanggakan sebagai dua terbaik pada Sistem Pembelajaran Daring (SPADA) Award 2021 kategori Perguruan Tinggi Terbaik: Dukungan Institusi terhadap Pembelajaran Daring, Senin (13/12). Penghargaan ini diberikan kepada perguruan tinggi yang mampu memberikan dukungan terbaik terhadap penyelenggaraan dan pelaksanaan pembelajaran daring.

SPADA Award 2021 merupakan perhelatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Tahun ini merupakan kali pertama kegiatan ini diselenggarakan.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik, Bagus Jati Santoso SKom PhD mengungkapkan bahwa ada beberapa kriteria penilaian dalam kategori ini. Di antaranya adalah aktivitas perencanaan, implementasi, evaluasi, dukungan, serta stimulus yang diberikan masing-masing perguruan tinggi dalam penyelenggaraan pembelajaran daring.

Baca Juga :  ITS Beri QR Code UMKM Kader Penggerak Halal
Penghargaan SPADA Award 2021 diberikan oleh Dirjen Dikti Prof Ir Nizam MSc PhD ASEAN Eng (kanan atas) dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof drh Aris Junaidi PhD (bawah)
Penghargaan SPADA Award 2021 diberikan oleh Dirjen Dikti Prof Ir Nizam MSc PhD ASEAN Eng (kanan atas) dan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof drh Aris Junaidi PhD (bawah)

Bagus melanjutkan, dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, ITS telah mempersiapkan infrastruktur, perangkat aturan, dan penjaminan mutu yang baik bahkan sebelum memasuki masa pandemi. Oleh sebab itu, Bagus menilai bahwa pergeseran menuju pembelajaran daring dapat dilakukan dengan baik. “Karena kami telah mempersiapkan penyelenggaraan pembelajaran dari sebelum masa pandemi membuat pergeseran menuju pembelajaran daring secara penuh dapat dilakukan dengan cukup baik,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendukung kualitas penyelenggaraan pembelajaran daring, ITS juga melakukan beberapa aktivitas insentif. Di antaranya seperti Insentif Kuliah Online, Insentif Massive Open Online Courses (MOOC), Program Pembuatan MOOC, dan Hibah Inovasi Praktikum Daring.

Bagus mengungkapkan, ke depannya ITS akan tetap terus berkembang untuk mewujudkan peningkatan kualitas pembelajaran. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh ITS di antaranya seperti menggiatkan pelatihan dan workshop pembelajaran daring, meningkatkan kapasitas infrastruktur pendukung, dan beberapa aktivitas lainnya yang akan mewujudkan hal tersebut.

Baca Juga :  ITS Kembangkan Pemanfaatan Teknologi AIS bagi Keselamatan Maritim

Bagus berharap, adanya penghargaan ini akan lebih mendorong kualitas pembelajaran di ITS menjadi lebih baik lagi. Khususnya bagi pembelajaran secara hybrid yang tengah dipersiapkan oleh ITS. “Semoga nantinya pembelajaran secara hybrid yang akan dilakukan di ITS dapat berjalan dengan lancar dan baik,” pungkasnya penuh harap. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1697 Views