ITS – Kinobi Berkolaborasi Tingkatkan Teknologi Pendidikan

(dari kiri) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia Dr (HC) Ir H Airlangga Hartarto MBA MMT, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng, Direktur Presiden Kinobi Hafiz Kasman, dan Menteri Industri dan Perdagangan Singapura Gan Kim Yong saat proses penandatanganan kerja sama tahun kedua antara ITS dan Kinobi

Kampus ITS, ITS News – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menandatangani Memorandum of Understanding dengan Kinobi Technologies Pte Ltd (Kinobi). Hal ini dilakukan untuk memajukan teknologi pendidikan melalui peningkatan penyerapan lulusan dan pelacakan karir alumni ITS.

Inisiator Career Development Program ITS, Arief Abdurrakhman ST MT menjelaskan, kerja sama tahun kedua antara ITS dan Kinobi sendiri telah membawa hasil yang sangat baik. Hal ini terbukti dengan 84% lulusan ITS berhasil mendapatkan pekerjaan yang layak berdasarkan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Baca Juga :  Bangkitkan Budaya Minum Jamu, ITS Luncurkan ITS Djamoe
Tampilan muka platform ITS Career Portal yang dapat diakses oleh mahasiswa dan lulusan ITS di laman its.app.kinobi.asia

Lewat platform yang dapat diakses di its.app.kinobi.asia ini, mahasiswa dan alumni ITS akan memperoleh beragam informasi terkait karir, studi lanjutan, dan wirausaha. Platform ini mengaplikasikan kecerdasan buatan untuk menyesuaikan keahlian lulusan dengan kebutuhan mitra. “Pengguna dapat memasukkan data pendidikan yang dimilikinya dan kemudian akan disesuaikan dengan kriteria dan bidang kerja mitra,” jelasnya.

Arief melanjutkan, ITS telah menyiapkan total 20.000 akun ITS Career Portal bagi para mahasiswa dan lulusan untuk memanfaatkan fitur ini. Nantinya, platform ini akan dilengkapi pengidentifikasian hard skill dan soft skill mahasiswa. Pengembangan ini dapat mengurangi kesenjangan antara keahlian mahasiswa dan kebutuhan mitra.

Penyerahan vendel dari Perwakilan Kementrian Perdagangan Singapura, Eunice Koh kepada Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng didampingi oleh Arief Abdurrakhman ST MT

Selain itu, pengintegrasian juga dilakukan dengan memanfaatkan tracer study yang dikembangkan oleh Kinobi dan ITS. Upaya ini untuk memetakan karir para alumni dan menjaring umpan balik seputar dunia kerja dari alumni.

Baca Juga :  IPB University Kaji UUCK dan Implikasinya pada Sistem Logistik Perikanan

“Masukan ini akan menjadi bahan evaluasi dan penyesuaian pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat,” bubuh dosen Departemen Teknik Instrumentasi ITS ini.

Arief berharap bahwa pengembangan di sektor teknologi pendidikan ini dapat terus berlanjut dan menyiapkan mahasiswa terhadap tantangan baru di dunia kerja yang terus bermunculan. “Besar harapan platform ini dapat semakin meningkatkan lulusan ITS yang berkarir layak dan dapat bermanfaat bagi bangsa dan masyarakat,” tutupnya penuh harap.

Menteri Industri dan Perdagangan Singapura, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Duta Besar RI untuk Singapura bersama seluruh pihak yang terlibat pada jalinan kerja sama yang menyentuh berbagai sektor sehubungan dengan relasi ekonomi Singapura – Indonesia Leaders’ Retreat, Rabu (15/3)

Penandatangan kerja sama antara ITS dan Kinobi ini merupakan salah satu kolaborasi yang dilakukan sehubungan dengan relasi ekonomi Singapore-Indonesia Leaders Retreat. Dilakukan di Fullerton Hotel, Singapura (15/3), kegiatan ini juga menghadirkan beberapa kesepakatan di berbagai sektor seperti perdagangan, energi baru terbarukan, teknologi informasi, teknologi kesehatan, hingga pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1173 Views