Komit Green Energy, UTU dan PT. PLN (Persero) Resmikan Tempat Riset Kaliandra di Kampus UTU

MEULABOH – UTU | Universitas Teuku Umar (UTU) bersama
PT. PLN (Persero) memegang teguh komitmen untuk  membuat dunia lebih baik dalam hal pemanfaat green energy, salah satunya lewat kegiatan peresmian tempat riset Kaliandra sebagai energy baru terbarukan yang berlangsung di komplek kampus UTU, Alue Penyareng, Jum’at (15/7/2022).

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut, Vice Presiden Lingkungan PT. PLN Ajrun Karim M.MT, General Manager PLN Unit Induk Sumatra Bagian Utara (UIK SBU) Purnomo, Manajer PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Nagan Raya, Zulfan Idris Kaban dan sejumlah pejabat penting PLN lainnya.

Ajrun Karim dalam sambutannya mengapresiasi langkah UTU dalam penerapan konsep green energy baik dalam insfrastruktur pembangunan gedung maupun dalam tata ruang. Ia juga mengapresiasi tim riset kaliandra UTU yang bekerjasama dengan PLN UPK Nagan Raya dalam usaha pemanfaatan kaliandra sebagai energy baru terbarukan.

“Saya sangat salut dengan kemajuan Universitas Teuku Umar, terutama dalam hal pengelolaan gedung terintegrasi yang hemat energi. Juga dalam usaha UTU melalui tim risetnya yang berani melakukan langkah-langkah menuju pemanfaat energy terbarukan,” jelasnya.

Lanjutnya, ini pertama sekali saya menginjakkan kaki di Aceh dan melihat sendiri bagaimana UTU berkomitmen dalam bidang green energy. Untuk itu, kami akan mensupport penuh langkah UTU berikutnya melalui tim riset yang telah terbentuk.

Selain itu, Ajrun juga menjelaskan tentang pemanfaatan limbah dari PLTU yang digunakan sebagai bahan baku dari infrastruktur dalam berbagai hal, baik pembangunan perumahan maupun jalan raya.

“limbah PLTU dikenal dengan fly ash bottom ash (FABA) yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) kini bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku infrastruktur salah satunya dalam proyek jalan raya dan fasilitas lainnya, hal ini dilakukan setelah berdasar penelitian yang ketat dan teruji sudah terbukti tidak masuk dalam kategori limbah bahan berbahaya dan beracun B3 dan bisa digunakan,” jelasnya

Baca Juga :  Mau Tahu Apa Keunggulan Lulusan Pascasarjana Kimia IPB University?

Jalan lingkungan UTU terutama menuju lokasi riset ini masih belum rata, untuk itu jika diperlukan kita siap membantu material secukupnya untuk pembangunan jalan ini. Ungkap Ajrun yang disambut tepuk tangan hadirin yang berhadir.

Sebelumnya Herri Darsan, S.T., M.T selaku ketua tim riset kaliandra menyampaikan hasil penelitian mereka dihadapan para tamu undangan, Kaliandra Adalah salah satu jenis tanaman yang paling banyak di tanam di daerah dataran tinggi Aceh seperti Gayo Lues, tanaman ini sangat banyak fungsi serta manfaat nya bahkan daunnya bisa di olah untuk di jadikan pakan ternak dan tentunya juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Setelah sebelumnya kami mengunjungi dataran tinggi gayo dan menemukan dua jenis tanaman yaitu gamal dan Kaliandra, yang dapat dikembangkan di Aceh Barat, karena setelah kita mengkaji ini sangat bagus untuk potensi ekonomi masyarakat di sini” ungkap Herri Darsan.

Ketua pengarah tim riset Kaliandra UTU, Prof. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA juga berharap penelitian yang di lakukan oleh pihak kampus UTU bisa di terapkan dalam lingkungan masyarakat dan menjadi sebuah referensi sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Kita berharap dengan upaya-upaya seperti ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat, tanaman yang sederhana seperti Kaliandra ini dapat ditanam dan dengan mudah dapat berkembang, juga potensi ekonominya sangat bagus,” jelas Prof Jasman

Rektor senior UTU tersebut juga menyinggung terkait Aceh yang saat ini sebagai salah satu provinsi termiskin di Indonesia sehingga dalam hal ini menjadi tanggung jawab bersama dalam hal berupaya membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian agar citra kemiskinan di aceh bisa di hilangkan.

Baca Juga :  Mahasiswa UNAIR Sulap Cangkang Telur Jadi Kukis Pencegah Osteoporosis

General Manager PLN Unit Induk Sumatra Bagian Utara (UIK SBU) Purnomo mendukung penuh usaha kerjasama yang dilaksanakan oleh UPK PLN Nagan Raya dan UTU. Menurutnya, UTU adalah kampus pertama diwilayah kerjanya yang telah bekerjasama dengan PLN dalam rangka riset kaliandra sebagai energy baru terbarukan, sehingga pihaknya memberikan attensi khusus dan hadir langsung dalam kegiatan penanaman perdana kaliandra di lokasi riset.

Penanggungjawab Riset Kaliandra yang juga Dekan Fakultas Teknik UTU, Dr. M. Isya, ST., MT mengucapkan terimakasih kepada UPK PLN Nagan Raya atas kerjasama yang telah berlangsung baik selama ini, juga support dari pejabat PLN pusat yang berkesempatan hadir langsung dari jakarta dan sumatera utara.

“Ini merupakan satu kehormatan bagi kami, semoga kerjasama ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi pengembangan UTU sebagai kampus sumber inspirasi dan referensi juga bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala biro umum dan Keuangan UTU, Zulfirman, SE., M.Si, Kepala LPPM PMP UTU Ir. Rusydi Faizin, M.Si, Sekretaris LPPM PMP, Herdy Susanto, ST., MT, Dekan FISIP UTU, Basri, SH., MH, Dekan Pertanian UTU, Ir. Yuliatul Muslimah, MP, para Wakil Dekan, Ketua Prodi lingkup UTU, para Koordinator Pusat lingkup UTU. Juga hadir keuchik Kuala Baro, Kuala Pesisir, Nagan Raya, Fardhi Andi selaku mitra kerja dalam tim riset Kaliandra.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
413 Views