Launching Perdana MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII Ambon Muhammad Bugis, SE., M.SI. Di Universitas Halmahera

Dalam Menanggapi kebijakan Permendikbud no 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi, Universitas Halmahera mengakomodasi Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MBKM) yang dibuka secara resmi oleh Kepala LLDIKTI Wilayah XII, Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si. launching MBKM oleh Universitas Halmahera ini merupakan yang pertama di LLDIKTI wilayah 12 Maluku dan Maluku Utara.

Hadir dalam launching Program MBKM Uniera tersebut Kepala LLDIKTI wilayah 12 Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si, Rektor Uniera Herson Keradjaan, S.IP., M.Si, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, staf ahli bupati bidang sumber daya manusia Dra. Joice Mahura selaku perwakilan Bupati Halmahera Utara, mitra MBKM Universitas Halmahera : Bank Rakyat Indonesia (BRI), Badan Pusat Statistik Halut, Polres Halut, Dinas Kelautan dan Perikanan Halut, SMP Manggala Perkasa, Kades Kalipitu, Pejabat Struktural lingkup Uniera, Dekan masing-masing Fakultas, Kepala masing-masing program studi, bapak/ibu Dosen, dan Staf Tenaga Kependidikan Universitas Halmahera.

Wakil Rektor I Universitas Halmahera Sirayandris Botara, S.Th., M.Si Teol, dalam Laporan Pertanggungjawabannya, menegaskan beberapa hal terkait program MBKM yang telah dirancang oleh Universitas Halmahera, diantaranya Universitas Halmahera mendapatkan hibah program MBKM oleh pemerintah, sejumlah 11 hibah yang telah diperoleh bagi program studi dalam program MBKM, sebanyak 10 Program Studi dan 1 sebagai Program Studi Percontohan, keseluruhan hibah ini merupakan prestasi yang luar biasa karena hibah yang telah diperoleh oleh Universitas Halmahera ini tentunya merupakan hasil persaiangan secara Nasional.sementara itu dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa dalam menunjang program MBKM ini, Universitas Halmahera telah berhasil menjalin mitra kerja sebanyak 33 mitra yang tersebar didalam dan diluar Halmahera Utara. Sementara dalam pelaksanaanya Universitas Halmahera telah menerapkan program MBKM ini semenjak Semester Gasal T.A 2020/2021.

Baca Juga :  Dies Natalis ke-71, Universitas Indonesia Luncurkan Center for Independent Learning Universitas Indonesia

Rektor Universitas Halmahera Herson Keradjaan, S.IP., M.Si, dalam sambutannya menegaskan kembali komitmen Uniera dalam penyelenggaraan pembelajaran perkuliahan MBKM dan siap untuk menjadi pelopor Perguruan Tinggi di Maluku – Maluku Utara dalam mewujudkan MBKM.

Ketua Badan Pengurus Yayasan Perguruan Tinggi Kristen (YPKH), Drs. Djidon Hangewa, MS. Dalam sambutannya memaparkan komitmen dan dukungan yayasan dalam mendorong Universitas Halmahera dalam melaksanakan dan menerapkan program MBKM ini.

Dalam sambutan mewakili mitra Dra. Joice Mahura, selaku Staf Bupati Bidang Sumber Daya Manusia, mengungkapkan apresiasi pada Universitas Halmahera atas prestasinya serta selaku lembaga pendidikan tinggi yang terus menjadi pelopor dalam mendukung dan membantu wujudkan program-program pemerintah, dalam sambutannya juga mewakili Bupati dipaparkan harapan pemerintah dalam mendukung Universitas Halmahera dalam melaksanakan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang juga merupakan program nasional, sehingga beliau menghimbau agar keseluruhan rangkaian dan prosedur pelaksanaan MBKM ini dapat diatur sebaik mungkin, agar dapat berlangsung dengan baik sehingga tujuan besar dan manfaat dari program ini dapat dirasakan secara khusus oleh mahasiswa yang akan terlibat aktif untuk melaksanakannya dan juga masyarakat serta mitra secara umum.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Teliti Membran Karbon Penyaring Gas Energi Terbarukan
Sebelum secara resmi Launching MBKM Universitas Halmahera dilakukan oleh Kepala LLDIKTI wilayah XII Maluku dan Maluku Utara Dr. Muhammad Bugis, SE., M.Si, dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi dan pujian yang luar biasa kepada Universitas Halmahera karena kerja kerasnya sehingga sekarang Universitas Halmahera telah berhasil meraih Akreditasi Institusi “Baik Sekali” dan berada pada urutan kedua Perguruan tinggi Swasta terbaik di wilayah LLDIKTI XII Maluku dan Maluku Utara, selain itu 13 program studi S1 semuanya sudah terakreditasi B. dalam paparannya kepala LLDIKTI wilayah 12 Maluku dan Maluku Utara menyatakan bahwa dari 4000an kampus yang ada di Indonesia Universitas Halmaehra Masuk diantara 63 Perguruan Tinggi Swasta maupun Negeri, serta satu-satunya di LLDIKTI wilayah XII Maluku dan Maluku Utara yang terpilih untuk menyelenggarakan Rekognisi Pembelajaran lampau (RPL), yang tujuannya untuk membantu masyarakat dalam meraih gelar sarjana lewat program rekognisi. Dalam akhir sambutannya beliau mengungkapkan rasa kebanggannya juga karena Universitas Halmahera merupakan Perguruan Tinggi Swasta pertama diantara 48 Perguruan Tinggi di LLDIKTI Wilayah 12 Maluku dan Maluku Utara yang melaksanakan Launching program MBKM (TW-LLD12)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading...
315 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x