Mahasiswa FH Unpad Raih Juara I Pemuda Berprestasi Kaltim 2023

Lasman, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran asal Samarinda, Kalimantan Timur, terpilih menjadi juara I Pemuda Berprestasi Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023.

Penghargaan Pemuda Berprestasi Kaltim disampaikan langsung oleh Penjabat Gubernur Kaltim Dr. Akmal Malik dalam acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di GOR Sempaja Samarinda, 28 Oktober 2023 lalu.

Penganugerahan Pemuda Berprestasi telah dilakukan setiap tahunnya dan diseleksi secara langsung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim. Lasman sendiri sebelumnya berhasil menjadi Juara I Pemuda Berprestasi Kota Samarinda dan diikutsertakan ke tingkat provinsi.

“Suatu kehormatan dan kebanggaan bagi saya seorang Mahasiswa Unpad dapat terpilih sebagai Pemuda Berprestasi Kalimantan Timur di tahun ini. Pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan yang saya terima selama ini sebagai mahasiswa Universitas Padjadjaran,” ujarnya.

Kegiatan Pemilihan Pemuda Berprestasi ini ternyata berlangsung begitu ketat dan memakan waktu yang cukup lama. Seleksi pemuda berprestasi ini telah dimulai pada Agustus lalu, tepat ketika Lasman baru saja menyelesaikan kegiatan magangnya di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, Filipina.

Baca Juga :  Mahasiswa ISI Yogykarta Raih 8 Juara di Festival Kesenian Indonesia+ XII Tahun 2023

“Seleksi pemuda berprestasi ini merupakan salah satu ajang pemilihan yang paling kompetitif, sebab di tingkat kota, saya harus bersaing dengan lebih dari 30 pemuda lainnya untuk bisa maju ke tahap provinsi.”

Seleksi pemuda berprestasi ini memiliki berbagai macam variabel penilaian, di antaranya kuantitas dan kualitas penghargaan yang dimiliki, baik dari tingkat kota hingga tingkat internasional, pencapaian non-akademik seperti pengabdian masyarakat, kegiatan bakti sosial, inovasi kepemudaan, pengalaman berorganisasi, hingga kepemimpinan.

Jejak prestasi Lasman sendiri terbilang banyak. Di tingkat Unpad, Lasman peraih juara I Mahasiswa Berprestasi Utama tingkat Fakultas Hukum sekaligus juara II Mahasiswa Berprestasi jenjang Sarjana tingkat universitas Tahun 2023.

Lasman juga merupakan penerima beasiswa program pertukaran pelajar untuk mempelajari hubungan internasional selama satu semester di Ajou University, Korea selatan. Selain itu, ia pernah mewakili Indonesia di konferensi internasional di Turki pada 2022, World Bank Group Youth Summit East Asia-Pacific Regional 2023 dan ASEAN+ Youth Summit 2023 di Jakarta.

Baca Juga :  Mahasiswa Baru ITS Ditantang untuk Berkreasi dalam OKKBK

Sebagai mahasiswa ilmu hukum dengan konsentrasi hukum Internasional, Lasman telah memiliki minat yang besar terhadap dunia diplomasi dan kebijakan publik. Ia juga merupakan mahasiswa yang pernah terpilih untuk melaksanakan program magang di tiga negara berbeda, di antaranya di KBRI di Kuala Lumpur, Malaysia; Bangkok, Thailand; dan terakhir di KBRI di Manila, Filipina.

Lewat berbagai kesempatan pengembangan diri ini, Lasman juga berpesan kepada seluruh pemuda, khususnya mahasiswa Unpad untuk mengambil bagian dalam membawa nama baik Unpad dan berkontribusi bagi Indonesia, baik dalam skala regional, maupun secara global.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
523 Views