Mahasiswa FKG Unpad Raih 2 Juara di Ajang Jember Dentistry Festival 2023

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara I dalam kategori Esai Agama dan Literature Review pada kegiatan “3rd Jember Dentistry Festival 2023” di Universitas Jember, Jawa Timur, Minggu (5/11/2023).

Prestasi tersebut diraih oleh Wirya Haviz Almughni, Faris Hernando Reviansyah, dan Alodia Luna. Judul esai yang diajukan yaitu “Modifikasi Gigi untuk Menyempurnakan Penampilan: Refleksi Tentang Nilai Estetika Gigi dalam Perspektif Agama Islam dan Relevansinya dengan Kesehatan”.

“Esai kita itu membahas mengenai teknik modifikasi gigi yang di mana kita tujukan atau kita bahas lebih dalam di bagian estetikanya. Terus juga teknik modifikasi itu kita hubungkan dari segi agama Islam dan juga tidak luput dari segi kesehatannya,” kata Wirya.

Baca Juga :  Mahasiswa IUP Teknik Informatika ITS Ikuti Double Degree ke Rusia

Sementara Daffa Rahmad Dwiyana Putra, Faris Hernando Reviansyah, dan Juan Alexander Supriatna memperoleh Juara 1 kategori Literature Review berjudul “Nanotechnology in Dentistry: A Systematic Review of the Effectiveness of Superparamagnetic Iron Oxide Nanoparticles Using Bio-Agricultural Wastes Sustainable in Oral Cancer Treatment”.

Kategori Literature Review ini membahas tentang tinjauan sistematis terhadap Efektivitas Superparamagnetic Iron Oxide Nanoparticles (SPIONs) menggunakan Limbah Bio-Pertanian yang Berkelanjutan dalam Pengobatan Kanker Mulut.

Literatur review cancer oral treatment itu karena kita lihat kasusnya itu juga sangat tinggi dan kasus ini tuh butuh banget pengobatan alternatif. Jadi kita menyediakan alternatif pengobatan dari yang biasa biar penderita dapat diobati dengan alternatif lain,” ungkap Juan tentang alasan timnya menulis karya tersebut.

Baca Juga :  Kenalkan Budaya Mistis Jepang, ITS Pamerkan Yokai Parade

Dalam membuat karya tulis yang dilombakan ini para mahasiswa mengaku termotivasi untuk mengeksplor kemampuan dalam menulis esai atau literatur review.

“Saya merasakan sudah semester 5 dan kita sudah dapat ilmu, terus bagaimana caranya menerapkan ilmu yang kita dapat. Caranya itu coba saja kita pakai buat lomba,” ujar Daffa.

Selama proses penulisan esai dan literatur review para mahasiswa dibimbing dan diarahkan oleh dosen mereka yaitu Dr. Veni Takarini, drg.,M.Kes.

Ajang 3rd Jember Dentistry Festival 2023 merupakan festival yang diadakan oleh FKG Universitas Jember yang terdiri dari simposium dan macam-macam perlombaan.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
333 Views