Mahasiswa FPIK Unpad Kibarkan Bendera RI di Bawah Laut

Organisasi Selam Perikanan dan Ilmu Kelautan (Oseanik) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran melakukan eksplorasi bawah laut dan Praktik Latihan Senam Dasar (PLSD) untuk calon anggota Oseanik. Selain itu, tim juga melakukan pengibaran bendera Indonesia di bawah laut.

Digelar di kawasan perairan Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, 16 – 18 Agustus 2023 lalu, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan anggota muda dalam bidang penyelaman, khususnya dalam pengambilan data. Demikian disampaikan dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Kegiatan tersebut diikuti oleh total 28 anggota Oseanik, terdiri dari sembilan calon anggota oseanik, 11 pengurus aktif oseanik, dan delapan alumni yang turut memeriahkan kegiatan tersebut dan diawasi oleh Dive Master yang merupakan salah satu alumni Oseanik FPIK Unpad.

Baca Juga :  Bantu Potensi Desa, ITS Ciptakan Mesin Pencacah Bonggol Jagung

Ketua Oseanik Unpad David Del Vito mengatakan, kegiatan tersebut bertepatan dengan peringatan HUT ke-78 RI. Sebagai simbol peringatan kemerdekaan RI, tim melakukan pengibaran bendera merah putih berukuran 2×3 meter pada kedalaman enam meter di wilayah perairan dan Gosong Patrick Pulau Pramuka.

“Pengibaran bendera merah putih ini bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dari penyelam kami Oseanik Unpad dan harapannya bisa membuat penyelam lain juga tidak lupa akan pentingnya rasa nasionalisme,” kata David.

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau dalam gugusan Kepulauan Seribu. Perkembangan pulau pramuka untuk pariwisata sangat cepat dan juga pulau tersebut tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun wisatawan mancanegara. 

Baca Juga :  Luncurkan Mobil Terbaru, Tim Spektronics ITS Siap Juara di AS dan Malaysia

Di bidang ilmiah, kata David, Pulau Pramuka juga sering dijadikan lokasi untuk penelitian oleh para akademisi, misalnya penelitian mengenai tutupan karang, kualitas air, biota-biota laut, hingga transplantasi karang sudah banyak dilakukan di Pulau Pramuka ini.

“Besar harapan saya dengan diadakannya pelatihan penyelaman selam secara berkelanjutan ini anggota dari Oseanik Unpad dapat menjadi penyelam yang dapat menjaga keberlangsungan ekosistem di laut terutama di Kepulauan Seribu,” tutur Raissa selaku Project Officer dari kegiatan PLSD tersebut.

David sendiri berharap, PLSD dapat menghasilkan penyelam andal yang bisa menjadi scientific diver sesuai dengan tujuan utama Oseanik Unpad sendiri. Usai PLSD digelar, sembilan calon anggota tersebut secara resmi menjadi anggota muda Oseanik Unpad

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
745 Views