Mahasiswa KKN Kolaboratif Manfaatkan Daun Kelor Untuk Kosmetik Ibu Hamil


Jember, 7 Agustus 2023 

Kosmetik yang dijual bebas di pasaran tidak semuanya aman untuk digunakan. Pasalnya, beberapa kosmetik ilegal yang beredar di pasaran banyak yang menggunakan zat berbahaya seperti merkuri. Bahkan tidak jarang Badan POM mengeluarkan daftar beberapa produk kosmetik yang terindikasi palsu dan mengandung bahan yang berbahaya khususnya jika dipakai para ibu hamil. 

Oleh karena itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif yang dikomandoi Universitas Jember di desa Sucopangepok kecamatan Jelbuk, Jember, menggelar acara “Sosialisasi Kosmetik Halal dan Aman Untuk Ibu Hamil.” Acara yang digelar di aula desa Sucopangepok ini diikuti oleh para ibu-ibu hamil, kader Posyandu dan perwakilan remaja dari beberapa dusun desa setempat. 

Baca Juga :  Perpustakaan UI Gelar Webinar Internasional Bahas Tren dan Isu Perpustakaan Akademik di Asia Tenggara

“Target utama dari kegiatan ini sebetulnya adalah para ibu hamil. Karena mereka tidak boleh serampangan dalam memilih kosmetik. Namun disisi lain mereka juga butuh untuk tetap tampil cantik. Oleh karena ini acara ini kami harapkan menjadi informasi yang sangat bermanfaat bagi mereka,” ujar panitia penyelenggara Fharantias Riska saat diwawancarai disela-sela kegiatan, (07/08). 

Menurut Perempuan yang akrab disapa Fhara ini, selain mendapatkan tips cara memilih kosmetik yang aman, para peserta juga diajarkan cara membuat kosmetik berupa masker wajah dengan berbahan dasar daun kelor. 

“Dalam kegiatan ini kami dibantu langsung oleh Wardah Beauty Moves You Jember yang memberikan paparan mengenai ciiri-ciri produk kosmetik yang harus dihindari. Peserta juga melakukan demonstrasi make up sehingga walaupun hamil mereka tetap tampil menarik dan tentunya aman bagi janinnya,” ujar mahasiswi kampus Universitas Islam Jember ini. 

Baca Juga :  Pusat Studi Biofarmaka Tropika IPB University Gelar Diskusi Bioprospeksi Sumberdaya Biofarmaka Indonesia untuk Kesehatan

Fhara yang juga praktisi penata rias menjelaskan, selain untuk sayuran rupanya kelor juga baik untuk mengatasi berbagai gangguan kulit khususnya kulit wajah. Karena menurut Fhara, daun kelor mengandung berbagai senyawa yang sangat bermanfaat bermanfaat untuk peremajaan kulit. 

“Daun kelor ini kaya dengan aktioksidan yang baik untuk kulit seperti halnya flavonoid, quercetin, zeatin serta vitamin C yang mampu mencerahkan dan mencegah penuaan dini pada wajah. Senyawa mampu membantu menumbuhkan sel kulit baru dan mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari,” jelas Fhara.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
915 Views