Medali Emas Tingkat Internasional Dipersembahkan Melalui Inovasi “ELIT” Mahasiswa Undiksha

Singaraja- Prestasi internasional yang diraih mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada ajang E- NNOVATE International Invention & Innovation Show Poland tidak hanya dari inovasi Jamu Intra HerdiC. Tetapi juga dari karya “ELIT”: Electrical Lighting Installation Trainer. Inovasi yang berhasil meraih medali emas ini dibuat oleh tim yang terdiri atas Putu Zasya Eka Satya Nugraha dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Rohmat Romadhan dari Prodi Teknologi Pendidikan, I Gede Deva Anggara Putra Kasadi dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Devy Arista Ciptamiari dari Prodi Manajemen, dan Kadek Reda Setiawan Suda yang merupakan alumni Pendidikan Teknik Elektro.

Putu Zasya Eka Satya Nugraha menjelaskan ELIT merupakan media pembelajaran yang terintegrasi bagi peserta didik Electrical Engineering. Media pembelajaran terdiri dari beberapa komponen yang dibutuhkan dalam instalasi penerangan yaitu, Lamp Fitting, PIR Sensor, Incandescent Lamp, LED Bulb, Power Socket, Voltage Meter, Ampere Meter, dan Switch. Bentuknya yang terintegrasi dan ringkas sangat mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain itu, skema kelistrikan juga tergambar jelas pada papan akrilik. “Kami juga menyediakan buku panduan penggunaan media pembelajaran ini,” jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat (25/6/2021).

Baca Juga :  UI JALIN KERJA SAMA DENGAN KEMENTERIAN INVESTASI RI KEMBANGKAN INDUSTRI BATERAI NASIONAL

Sejumlah hal yang melatarbelakangi diciptakannya media pembelajaran ini. Pertama, karena peserta didik jarang praktik salah satunya akibat yang komponen kelistrikan seringkali rusak atau hilang. Kedua, komponen kelistrikan selama ini sifatnya modular, sehingga membutuhkan media pembelajaran terintegrasi yang sifatnya reuse. Ketiga, minat belajar peserta didik kian menurun karena pembelajaran berfokus pada teori. “Sehingga dibutuhkan suatu inovasi media pembelajaran yang dapat menggugah semangat belajar peserta didik,” katanya.

Lebih lanjut, butuh waktu satu setengah bulan untuk menyiapkan inovasi ini, terhitung sejak persiapan abstract, video invention, innovation poster, companny poster, dan invention poster. Akhirnya, usahanya tersebut berbuah prestasi yang sangat membanggakan. “Kami sangat bersyukur atas raihan kami saat ini. Kami mendapatkan kesempatan yang luar biasa dengan ikut serta pada event internasional. Ini juga menjadi proses belajar kami dalam mengomunikasikan ide pada orang asing,” imbuhnya.

Baca Juga :  UNILA tingkatkan kepesertaan Mahasiswa dalam MBKM, melalui Penelitian dan Karya Ilmiah

Raihan prestasi ini diapresiasi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., karena mampu memberikan sumbangan poin untuk pemeringkatan universitas. Disampaikan lebih lanjut, Undiksha siap untuk membantu pengembangan produk maupun rancangan produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa, terlebih yang sudah berprestasi. Hal ini akan dikoordinasikan dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “Produknya bersertifikat kita akan bantu, seperti HaKI dan paten,” tutupnya. (hms)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
166 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x