“Merajut Budaya Melalui Kolaborasi” ISI Padang Panjang MOU di Kabupaten Samosir Tampilkan Tari Langgam Rang Mudo 

Pada tanggal, 26 -27 Pebruari 2024, Rektor ISI Padang Panjang Dr. Febri Yulika, S.Ag.,M.Hum bersama rombongan menghadiri undangan Bupati Kabupaten Samosir, Vandito T Gultom, ST dalam rangka  Hari Jadi Kabupaten Samosir yang ke 20. Rombongan terdiri dari Wakil Rektor I, Prof.Dr Rosta Minawati, S.Sn.,M.Si, Ka.Biro Akademik dan Kemahasiswaan Harben Sani, S.Pt., MP  Wakil Dekan I FSRD Ahmad Bahrudin.,S.Sn.,M.Sn, Wakil Dekan, Wakil Dekan III FSP Enrico Alamo, S.Sn.,M.Sn, Ka. Prodi Seni Karawitan Dr. Asep Saepul Haris, S.Sn., M.Sn serta Dosen dan Mahasiswa Prodi Seni Tari dan Seni Karawitan.

WhatsApp Image 2024-03-02 at 08.56.56

Hari Jadi Kabupaten Samosir ke 20 ini dilaksanakan selama 2 hari ( 26-27 Pebruari 2024 ) pada pagi hingga siang menampilkan berbagai karnaval, atraksi budaya sanggar dan komunitas seni di pulau Samosir diantaranya; Sanggar Seni Angel Elkanean, Sanggar Jolo New, Opera Batak Serindo, Sanggar Seni Tunas Kelapa. Dan pemberian beasiswa CSR Bank Sumut, pemberian piagam penghargaan kepada pelaku budaya dan Pariwisata di Kabupaten Samosir. Pada malam harinya tampil, Gok Malau, Tonggam Sirat, Marsada Band, Hosen dan Vierra.

Pada Tanggal, 27 Pebruari 2024 ISI Padang Panjang diberi keistimewaan menampilkan karya seni unggulan yakni, Tari Langgam Rang Mudo, koreografer Dr. Susas Rita Loravianti, S.Sn.,M.Sn. Tari Duduak Bapamenan Tagak Baparintangan koreografer Emri, S.Sn., M.Sn dan Komposisi karawitan Si Jobang Komposer Dr. Asep Saepul Haris S,Sn.,M.Sn. Karya tari ini sebagai bentuk Implementasi MOU yang ditandatangani langsung oleh, Bupati Vandito T Gultom, ST dan  Rektor ISI Padang Panjang, Dr.Febri Yulika S.Ag., M.Hum.

Baca Juga :  Sebanyak 23 Mahasiswa IPB University Diterima pada Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022
WhatsApp Image 2024-03-02 at 08.56.55

Penandatanganan MOU antara ISI Padang Panjang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir juga dihadiri oleh Wakil Bupati Samosir Drs. Martua Sitanggang, MM. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir Tetty Naibaho, S.Sos. Sebelum penandatanganan MOU Rektor ISI Padang Panjang Dr.Febri Yulika S.Ag., M.Hum menyampaikan pidato dan mengucapkan selamat hari jadi kabupaten Samosir kepada Bupati Vandito T Gultom,, yang disambut meriah oleh para tamu undangan.

Penandatangan Kerjasama (MOU) ini merupakan langkah awal antara Institut Seni Indonesia Padang Panjang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Samosir yang ditindaklanjuti dengan penandatangan PKS. Kerjasama yang diperoleh adalah menguntungkan kedua belah pihak, Kabupaten Samosir maupun di ISI Padang Panjang sebagai Perguruan Tinggi Seni Negeri yang telah memiliki 21 Program Studi  dan 1 Program Pascasarjana.

Baca Juga :  Mahasiswa IPB University Ciptakan Sunsea, Tabir Surya Reef-Safe Berbahan Ekstrak Daun Kersen dan Mentega Tengkawang

Tentunya kerjasama ini, merupakan  langkah awal yang positif dalam membangun pendidikan seni dan peradaban. “Kabupaten Samosir yang memiliki keindahan alam, berbagai artefak, ritual, upacara adat, atraksi seni akan bersinergi dengan ISI Padang Panjang perguruan tinggi seni yang konsisten melakukan kajian, penelitian budaya dan penciptaan seni. Salah satu karya seni muncul dari penelitian yang dilakukan di kabupaten Samosir adalah opera Batak.

WhatsApp Image 2024-03-02 at 08.56.54

 Opera Batak karya dosen ISI Padang Panjang ini telah ditampilkan di berbagai panggung seperti, Panggung Eksperimental University Malaya (UM) Kuala Lumpur, UiTM Pahang Malaysia, Cong Doan Vietnam dan Open Stage Samosir. Sebagai Perguruan Tinggi Seni ISI Padang Panjang berkomitmen mempromosikan seni dan pariwisata, khususnya yang telah menjalin kerjasama. Kesenian yang dipelajari di ISI Padang Panjang tidak saja kesenian yang ada di Sumatera Barat juga berbagai daerah yang ada di Sumatera termasuk dari provinsi Sumatera Utara,  hal ini diungkapkan Rektor ISI Padang Panjang pada sambutannya sebelum penandatangan MOU.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
423 Views