Rektor UTU Jemput 709 Mahasiswa KKN di Aceh Jaya

MEULABOH, UTU – Setelah sebulan lebih melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, sebanyak 709 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan XIX Tahun 2022 secara resmi dijemput oleh Rektor Universitas Teuku Umar (UTU), Dr. Ishak Hasan, M.Si di Kecamatan Panga, Rabu (24/08/2022). Kegiatan penjemputan tersebut di pusatkan di beberapa Kantor Kecamatan yang menjadi lokasi KKN Tahun 2022.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, M.Si, Camat Kecamatan Panga, Mawardi, S.Pd, Sekretaris Camat Panga, T. Marhaidi, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Perwakilan dari Puskesmas Panga, Unsur Muspika Kecamatan dan para Keuchik lingkup Kecamatan Panga.

Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Ishak Hasan, M.Si dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa di dalam kurikulum baru Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM) dituntut untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada mahasiswa untuk hidup ditengah masyarakat di luar kampus.

Baca Juga :  Usai Taklukkan MIT di AS, Kepulangan Tim Barunastra ITS Disambut Kemendikbudristek

Menurutnya, dengan hal tersebut secara langsung mahasiswa dapat berkolaborasi bersama masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani masalah, serta mengembangkan potensi suatu desa. Selain itu melalui kegiatan KKN ini diharapkan para mahasiswa dapat memberikan solusi untuk masalah yang ada di desa setempat.

“Kita berharap para mahasiswa yang sudah melaksanakan KKN agar dapat membuat publikasi mengenai permasalahan yang ada di masyarakat desa untuk nantinya dijadikan sebagai pedoman para pemangku kepentingan dalam hal ini pemerintah kabupaten untuk mengatasi permasalah yang ada,” Harap Dr. Ishak Hasan, M.Si kepada mahasiswa KKN.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, M.Si mengharapkan kepada kampus UTU agar bisa menjadi pusat unggulan. “UTU memproduksi knowledge, model-model yang kemudian kita implementasikan di wilayah, jadi UTU yang berpikir kami yang melaksanakan sehingga UTU bukan hanya bagus scara knowledge tetapi juga hebat secara praktek”.

Baca Juga :  Ciptakan Aplikasi Cek Kehalalan Makanan, Tim UNAIR Raih Prestasi di Ajang Internasional

“Pemilihan keunggulan UTU dalam agro and marine industry ini sangat cocok dengan kondisi kita wilayah pesisir, maka oleh karena itu bagaimana UTU dapat mengembangkan model-model kemudian mengadopsi di wilayah kita,” Jelasnya.

“Kalau kita mau maju, ada beberapa hal yang harus kita dilakukan, yang pertama adalah pembedayaan dihulu, misalnya di sektor marine meliputi proses penangkapan, yang kedua adalah memperbaiki kualitas produk dan membuka pasar serta mendidik pasar, karena dari dulu permaslah di pantai barat saelatan ini adalah daya serap pasar yang rendah,” Tambahnya.

Untuk diketahui, para mahasiswa KKN yang dilepas pada tanggal 21 Juli 2022 yang lalu telah melaksanakan KKN dengan baik di beberapa kecamatan di lingkup Kabupaten Aceh Jaya yaitu di Kecamatan Kecamatan Pasie Raya, Kecamatan Panga, Kecamatan Krueng Sabe, Kecamatan Setia Bakti, Kecamatan Darul Hikmah, dan Kecamatan Sampoinit.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
339 Views