Terapkan Implementasi Kampus Merdeka, UNIMED Sambut Mahasiswa PERMATA SARI 2021

Universitas Negeri Medan menggelar acara Penyambutan Mahasiswa Program Permatasari Universitas Negeri Medan Tahun 2021 secara daring melalui aplikasi zoom pada Kamis, (18/12).

Permata-Sari Tahun 2021 adalah Program Pertukaran Mahasiswa secara daring (dalam jaringan) yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri (BPK-PTN) Wilayah Barat yang diikuti oleh 33 PTN peserta. Program ini diselenggarakan sebagai Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan hak belajar 3 semester kepada mahasiswa untuk belajar diluar Program Studi.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk Penguatan Kompetensi dan perluasan Pengalaman Belajar mahasiswa dengan merasakan Studi di Perguruan Tinggi lain, Penguatan rasa kebangsaan dan cinta tanah air melalui interaksi antar budaya diantara peserta, dan Mengembangkan jejaring dan kolaborasi diantara mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Tahan air.

Acara penyambutan tersebut dihadiri oleh Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes., Jajaran Wakil Rektor Universitas Negeri Medan, Dekan dan Wakil Dekan se-Lingkungan Unimed, dan mahasiswa PERMATA-SARI Unimed.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, M.Kes. mengatakan “kegiatan Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara – Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi atau PERMATASARI yang kita laksanakan ini telah memasuki tahun ke 6 pelaksanaan sejak Universitas Negeri Medan mulai berpartipasi pada tahun 2016.”

Selanjutnya Rektor berpesan, “Kepada mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi mitra, kami minta untuk mematuhi peraturan yang berlaku di perguruan tinggi mitra dan menjadikan Permata sebagai jembatan dalam menguatkan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja pada masa yang akan datang. Ikuti program ini dengan serius, jangan hanya sekedar hadir tapi berpartisipasilah secara aktif pada setiap kegiatan yang diadakan di universitas tujuan agar mendapatkan pengalaman merdeka belajar yang luar biasa.”

Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam paparannya juga menyampaikan implementasi merdeka belajar di Unimed, apa yang menjembatani program akademik Unimed dengan dunia sekolah, dudi dan masyarakat yaitu implementasi KKNI seperti pendidikan, penelitian dan pengabdian. Implementasi kkni membutuhkan komitmen dosen, dukungan leadership dan internal management, monev tindak lanjut dan penjaminan mutu serta pengembangan computerized system.(Humas Unimed/fg)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
80 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x