Universitas Andalas (Unand) Tergabung Dalam 16 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk Daftar Pemeringkatan Universitas Dunia

Padang (Unand) – Universitas Andalas tergabung ke dalam 16 perguruan tinggi Indonesia yang masuk daftar pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) World University Rangkings (WUR) 2022 yang telah resmi dirilis.

QS World University Rankings (WUR) tahun 2022 memakai enam indikator untuk menentukan perguruan tinggi terbaik di dunia. Keenam tersebut yakni academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty student ratio, international faculty, dan international students.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek Prof. Nizam mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh perguruan tinggi – perguruan tinggi Indonesia. “Bahkan empat perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk ke dalam top 500 World Class University yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Airlangga (Unair),” ujarnya. 

Menurutnya yang terpenting dari pencapaian ini adalah agar perguruan tinggi terus meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan tinggi Indonesia sehingga bisa menghasil Sumber Daya Unggul dan berdaya saing.

Baca Juga :  Subbag RT UM Selenggarakan Bimtek Kesamaptaan

“Kalau perguruan tinggi kita meningkat, outputnya semakin berkualitas maka reputasi internasional akan meningkat juga, jadi yang paling penting adalah memastikan perguruan tinggi kita terus meningkat mutunya sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan kemajuan bangsa,” terangnya.

Prof. Nizam menambahkan baik output dalam bentuk lulusan yang unggul maupun hasil penelitian yang menjawab permasalahan bangsa dapat digunakan dunia industri dan usaha serta masyarakat luas.

Tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan mempertahankan posisinya di peringkat 250 besar dunia, tepatnya di peringkat 254 sedangkan Universitas Andalas berada pada posisi ke 13 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tepatnya 1201+ peringkat dunia.

Baca Juga :  Mahasiswa FKM UI Raih Juara 2 Dunia di APRU Berkat Riset Dampak Penggunaan Laptop Saat WFH

Berikut ini adalah daftar perguruan tinggi negeri dan juga perguruan tinggi swasta yang masuk daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi QS WUR 2022 yang dilansir dari laman www.topuniversities.com pada Rabu (9/6)

Universitas Gadjah Mada (Peringkat dunia: 254), Universitas Indonesia (Peringkat Dunia: 290), Institut Teknologi Bandung (Peringkat Dunia: 303), Universitas Airlangga (Peringkat Dunia: 465), Institut Pertanian Bogor (Peringkat Dunia: 511-520), Institut Teknologi Surabaya (Peringkat Dunia: 751-800), Universitas Padjajaran (Peringkat Dunia: 801-1000).

Universitas Bina Nusantara (Peringkat Dunia: 1001-1200), Universitas Diponegoro (Peringkat Dunia: 1001-1200), Telkom University (Peringkat Dunia: 1001-1200), Universitas Brawijaya (Peringkat Dunia:1001-1200), Universitas Hasanuddin (Peringkat Dunia: 1001-1200), Universitas Andalas (Peringkat Dunia: 1201+), Universitas Muhammadiyah Surakarta (Peringkat Dunia: 1201+), Universitas Sebelas Maret (Peringkat Dunia: 1201+), dan Universitas Sumatera Utara (Peringkat Dunia:1201+).(*)

Sumber: unand.ac.id

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
63 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x