Universitas Jember Raih Penghargaan Dari Kemenko Perekonomian RI

Jember, 14 Maret 2022 – Universitas Jember meraih penghargaan dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian RI, atas kontribusinya dalam pengkajian dan publikasi di bidang hukum dan kebijakan agribisnis. Penghargaan diserahkan langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI, Musdhalifah Machmud kepada Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dalam acara Profesional Talk Series di Gedung Serba Guna Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember (13/3).

Menurut Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI, penghargaan diberikan atas kontribusi dan konsistensi para peneliti di Universitas Jember, khususnya para dosen di FH Universitas Jember yang selama sembilan tahun terakhir ini membantu Kedeputian Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI mengkaji, menelaah dan mempublikasikan hasil riset di bidang hukum dan kebijakan agribisnis di Indonesia. Selain menyerahkan penghargaan, Musdhalifah Machmud menandatangi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kedeputian Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI dengan Dekan FH Universitas Jember, sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan Profesional Talk Series FH Universitas Jember yang keempat.

Baca Juga :  LPPM IPB University Deklarasi SPR IPB-1111 Ke-63 di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan

“Selama ini Kedeputian Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI lebih banyak bergelut dengan urusan teknis, nah untuk mewujudkan menjadi regulasi maka kami banyak mendapatkan dukungan FH Universitas Jember. Contohnya mengkaji kebijakan dan regulasi di bidang ketahanan pangan yang kini menjadi fokus perhatian utama pemerintah. Dan posisi Universitas Jember yang berada di Jawa Timur beserta sumbangsihnya menjadi strategis mengingat Jawa Timur menjadi penyuplai sebagian besar produk pertanian nasional,” jelas Musdhalifah Machmud.

Sementara itu, Rektor Universitas Jember bersyukur atas penghargaan dari Kedeputian Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI. Menurutnya penghargaan ini sesuai dengan visi dan misi Universitas Jember yang ingin memajukan agribisnis di Indonesia. Kedua, penghargaan ini menunjukkan kualitas dosen dan peneliti di Universitas Jember yang sudah diakui di tingkat nasional.

Baca Juga :  UTU dan Pemkab Aceh Singkil Lakukan Hilirisasi Teknologi Rumpon Ijuk untuk Nelayan Kecil melalui Program Matching Fund

“Universitas Jember memiliki visi dan misi mengembangkan dan memajukan agribinis dan agroindustri. Tekad ini juga mewarnai seluruh program studi yang ada yang kemudian berkontribusi sesuai bidang masing-masing. Maka penghargaan ini menjadi pengakuan sekaligus pintu kerja sama yang lebih luas. Jika dalam tahapan kali ini kerja sama antara Kedeputian Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko RI dengan Fakultas Hukum, maka kami menawarkan kerja sama dengan fakultas lain terutama yang berasal dari rumpun pertanian seperti Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian,” tutur Iwan Taruna.      

Sebelumnya, Dekan FH Universitas Jember, Prof. Bayu Dwi Anggono menyampaikan, kegiatan Profesional Talk Series digelar secara rutin dengan tujuan membuka wawasan dosen dan mahasiswa. Mengingat pemateri Profesional Talk Series semuanya tidak berlatar belakang pendidikan ilmu hukum. Harapannya, lulusan FH Universitas Jember akan memperoleh pengetahuan akademis tambahan, keterampilan berpikir, manajemen ketrampilan dan bisa belajar dari pengalaman para pemateri dalam membangun karier. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
861 Views