Universitas Jember Raih Peringkat Ketiga Kinerja Anggaran IKPA Tingkat Diktiristek

Jember, 28 Februari 2023 – Universitas Jember kembali meraih prestasi, kali ini menduduki peringkat ketiga  Badan Layanan Umum (BLU) dengan kinerja anggaran terbaik se-Indonesia tahun anggaran 2022 dari Kementerian Keuangan RI. Kabar membanggakan ini disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Jember dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 dengan seluruh dekan, ketua Satuan Pengawasan Internal (SPI), ketua lembaga, kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) dan pimpinan unit kerja di lingkungan Universitas Jember di aula lantai 3 Gedung Rektorat dr. R. Achmad (28/2).

Menurut Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna, prestasi ini sangat membanggakan mengingat ada 260 BLU di Indonesia dengan berbagai bidang layanan. Apalagi prestasi ini dicapai saat Universitas Jember belum genap empat tahun menjadi BLU. Dari penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan RI, kinerja anggaran Universitas Jember mendapatkan nilai 90,73. Sebagai informasi Universitas Jember resmi menjadi BLU di tahun 2020 lalu.

Baca Juga :  Kreatif, Mahasiswa FTP Universitas Jember Bikin Permen Anti Karies Gigi
Rektor UNEJ didampingi WR I dan WR III bersama Sekertaris Senat menyaksikan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 oleh dekan, ketua SPI, ketua lembaga dan Kepala UPT di lingkungan UNEJ

 “Alhamdulillah, kinerja anggaran kita mendapatkan penilaian baik oleh Kementerian Keuangan. Tentu saja prestasi ini berkat kerja sama semua pihak. Namun ingat, pencapaian ini harus dipertahankan bahkan harus ditingkatkan. Oleh karena itu kegiatan penandatanganan perjanjian kinerja tahun 2023 ini menjadi momen yang tepat untuk meneguhkan kembali komitmen seluruh pimpinan Universitas Jember untuk melaksanakan amanah berupa target kinerja masing-masing unit kerja,” tutur Iwan Taruna penuh rasa syukur.

Tidak hanya mencatatkan prestasi di bidang kinerja anggaran, tata kelola Universitas Jember juga dinilai baik oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Terbukti SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Institusi Pemerintah) Universitas Jember  mendapatkan penilaian A dari. Untuk diketahui SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran, dan sistem penilaian kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Baca Juga :  Gali Budaya Pandhalungan, Mahasiswa UNEJ Ciptakan Inovasi Metode Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal

Selanjutnya Rektor Universitas Jember menyampaikan evaluasi atas kinerja seluruh fakultas yang ada. Evaluasi meliputi kinerja anggaran dan kinerja tata kelola, termasuk memaparkan pencapaian Indeks Kinerja Utama (IKU) terkini di setiap fakultas. Evaluasi kemudian dilanjutkan oleh Ketua SPI Universitas Jember, Ika Barokah. Dalam evaluasinya, Ketua SPI meminta semua pimpinan unit kerja untuk memperbaiki Laporan Kinerja, menciptakan inovasi layanan, dan melakukan efisiensi anggaran agar predikat SAKIP Universitas Jember yang kini A naik menjadi AA. 

Rasa syukur dan kegembiraan ini bertambah dengan perolehan piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi kepada Fakultas Hukum Universitas Jember sebagai unit kerja pelayanan berpredikat Wilayah Bebas dari Korupis (WBK). Penghargaan piagam penghargaan diserahkan oleh Rektor kepada Dekan Fakultas Hukum. “Semoga prestasi yang diperoleh Fakultas Hukum akan diikuti oleh unit kerja yang lain di lingkungan Universitas Jember,” pesan Iwan Taruna kepada seluruh pimpinan yang hadir. (iim)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1683 Views