Unpad Bersama PT. Energi Nusa Mandiri akan Menghijaukan Kembali Lahan Bekas Pertambangan di Wilayah Kalimantan Utara

[Kanal Media Unpad] Perusahaan pertambangan skala nasional PT. Energi Nusa Mandiri menggandeng Universitas Padjadjaran dalam menghijaukan kembali lahan bekas pertambangan di wilayah Kalimantan Utara.

Hal tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur PT. Energi Nusa Mandiri Tria Suprajeni dengan Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti di sela penandatanganan kerja sama Unpad dan Pemprov Kaltara di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (23/11/2021).

Tria mengatakan, dalam melakukan eksplorasi, ada perjanjian yang dilakukan perusahaan dengan pemerintah. Perjanjian tersebut yaitu perusahaan wajib menghijaukan kembali wilayah yang sudah selesai dilakukan penambangan.

“Kali ini kami ingin berbeda. Kami sudah dapat izin dari Kementerian ESDM ingin menjadikan daerah bekas tambang ini menjadi daerah yang memiliki value added secara ekonomi,” kata Tria.

Baca Juga :  Tunjang Lulusan Baru, ITS Luncurkan Program Pengembangan Karir

Tria menambahkan, pihaknya ingin menyulap daerah bekas pertambangan menjadi pusat pendidikan dan pariwisata. Di dalamnya, lahan akan disulap menjadi area pertanian, kebun raya, arboretum. Sejumlah void atau lubang bekas galian telah direncanakan untuk dikembangkan menjadi lahan budidaya perikanan.

Dalam mewujudkan keinginan tersebut, pihaknya telah intens melakukan komunikasi dengan Unpad, salah satunya dengan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

“Kami sudah tiga bulan berhubungan intens dengan FPIK Unpad, dan Insyaallah kalau hari ini sudah berjalan perjanjian, kita akan mulai program ini Januari 2022 mendatang,” ucap Tria.

Diharapkan, upaya penghijauan lahan bekas pertambangan tersebut tidak hanya berguna bagi kelangsungan ekologi, tetapi juga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Persiapkan Sejak Dini Seleksi Pilmapres Tingkat Institut, DKV ISI Surakarta Bekali Tiga Wakil Mahasiswa

Selain itu, melalui kerja sama ini, Tria juga membuka perusahaannya untuk menjadi lokasi pelaksanaan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. “Pada program membuat void menjadi lebih bagus, para mahasiswa bisa ikut sambil melaksanakan tugas akhir,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor mengapresiasi rencana kerja sama dari PT. Energi Nusa Mandiri tersebut. “Terima kasih telah memberikan kesempatan untuk intens berkolaborasi,” kata Rektor.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1482 Views