Unpad Canangkan Zona Integritas di Lingkungan Direktorat dan Fakultas

Universitas Padjadjaran mencanangkan pembangunan Zona Integritas di seluruh fakultas dan direktorat. Pencanangan dilakukan secara simbolis oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Plh Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Amir Arief dalam acara di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Jumat (21/7/2023).

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh Rektor bersama 17 Dekan dan 9 Direktur di lingkungan Unpad.

Dalam sambutannya, Rektor mengatakan bahwa praktik berintegritas di Unpad semakin kuat diiringi dengan tantangan yang dihadapi ke depan semakin luar biasa.

“Pencanangan zona integritas oleh seluruh fakultas dan seluruh direktorat dilakukan bukan sekadar seremonial tapi betul-betul ini adalah niat baik kami,” kata Rektor. 

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng. mengatakan bahwa biasanya, zona integritas hanya dicanangkan untuk satu fakultas atau satu departemen. Menjadi istiimewa ketika Unpad mencanangkan Zona Integritas untuk seluruf fakultas dan direktorat.

Baca Juga :  ITS Raih Medali Terbanyak di Gemastik 2020

“Ini menunjukkan tekad yang sungguh-sungguh dari Unpad untuk menjadikan kampus sebagai tempat pendidikan karakter anak-anak kita, para pemimpin masa depan, dengan integritas yang tinggi,” ujar Prof. Nizam.

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mengapresiasi adanya pencanangan ZI untuk seluruh fakultas dan direktorat di lingkungan Unpad. Menurutnya, kegiatan inii menunjukkan komitmen seluruh jajaran pimpinan dan pengelola unpad untuk  menjadikan Unpad sebagai kampus berintegritas. 

“Kampus berintegritas merupakan langkah strategis mempercepat pencapaian tujuan penyelenggaraan pendidikan yang diamanatkan dalam undang-undang pendidikan tinggi,” ujar Chatarina.

Lebih lanjut ia mengatakan, pencanangan zona integritas baru merupakan langkah awal yang masih harus diwujudkan dengan semangat kolaborasi dan sinergi seluruh jajaran Unpad bersama seluruh sivitas akademika.

“Kita memiliki tanggung jawab yang sama bagi negara kita dalam meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui tata kelola kampus berkualitas dan berintegritas,” katanya.

Baca Juga :  Luncurkan PlasmaHub, ITS Bantu Permasalahan Donor Plasma Konvalesen

Apresiasi juga disampaikan Deputi Bid. Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PAN-RB Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si. Ia mengatakan bahwa pelayanan prima yang bebas KKN  merupakan tujuan utama dari Reformasi Birokrasi.

“Kami dari Kemnterian PAN RB sangat mengapresiasi apa yang  dilakukan oleh Rektor dan seluruh jajaran dengan pencanangan Zona Integritas untuk mewujudkan sebuah universitas yang mampu memberikan pelayanan prima kepada para mahasiswa dan tentu seluruh sivitas akademika,” ujar Prof. Erwan.

Acara tersebut juga diisi dengan Kuliah Umum Plh Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Amir Arief mengenai “Peran Perguruan Tinggi dalam Pencegahan Korupsi di Indonesia”. Kuliah umum digelar untuk meningkatkan pencerahan mengenai strategi pendidikan antikorupsi pada pendidikan tinggi (arm)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1289 Views